Macam-macam energi dan contoh perubahan energi

Seingat pak Mono, macam-macam energi ada 7 yaitu energi bunyi, energi kalor, energi mekanik, energi kimia, energi cahaya, energi nuklir, dan energi listrik.

  1. Contoh benda yang memiliki energi mekanik adalah benda yang sedang bergerak, apel yang jatuh ke bumi,
  2. Energi bunyi adalah energi yang ditimbulkan dari benda yang bergetas, contohnya saat kita melempar gelas di tembok maka akan timbul bunyi, mobil atau motor tabrakan menimbulkan bunyi, petasan yang meledak, dan lain sebagainya.
  3. Energi kalor adalah energi yang terasa panas pada benda. Contohnya panas bumi dimanfaatkan untuk PLTU (pembangkit listrik tenaga uap)
  4. Energi kimia adalah energi yang tersimpan pada bahan kimia seperti pada bensin, solar, minyak tanah, pertalit, pertamax, dan batu baterai.
  5. Energi cahaya adalah energi yang dapat memancarkan cayaha. Contoh energi cahaya yang paling besar di jagad raya adalah matahari, contoh lain adalah apo unggun, lilin dinyalakan dan lain sebagainya.
  6. Energi listrik adalah energi yang dihasilkan dari pergerakan elektron. Contohnya adalah listrik PLN yang dipasang di rumah kita bisa menyalakan semua alat-alat listrik seperti lampu dan televisi.
  7. Energi nuklir dalah energi dari proses reaksi nuklir. Contoh energi nuklir adalah reaksi inti uranium.

Dalam kehidupan sehari-hari kita sering berhubungan dengan perubahan energi. Contoh perubahan energi tersebut adalah pada kipas angin. Pada kipas angin terjadi perubahan energi listrik menjadi energi gerak atau kinetik.

Berikut contoh perubahan energi yang lengkap :

  1. Contoh perubahan energi listrik menjadi energi bunyi adalah klakson pada mobil, klakso pada motor, sirine pada mobil ambulan, bel listrik, pada televisi, pada radio listrik.
  2. Contoh perubahan energi listrik menjadi energi panas adalah pada setrika listrik, rice cooker listrik, oven listrik, pemanas air listrik, pengering rambut listrik,
  3. Contoh perubahan energi listrik menjadi energi cahaya adalah pada lampu listrik, televisi, lampu sirine ambulan, lampu sepeda motor,
  4. Contohn perubahan energi listrik menjadi energi gerak adalah kipas angin, mobil-mobilan yang jalan, alat blender, alat pemotong listrik,
  5. Energi kimia menjadi listrik dan cahaya contohnya pada senter baterai,
  6. Contoh energi potensial menjadi energi kinetik adalah kelapa jatuh dari pohon, jam dinding jatuh ke lantai, buah mangga jatuh dari pohon
  7. Contoh energi kinetik menjadi energi potensial adalah buah mangga jatuh pada tebung yang ketinggiannya 25 meter.
  8. Pada mobil-mobilan yang sedang dinyalakan terjadi perubahan energi kimia menjadi listrik dan menjadi gerak.
  9. Pada jam dinding terjadi perubahan energi kimia menjadi listrik, menjadi gerak.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *