Hukum I Newton dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari

Di dalam buku Tipler Hukum 1 Newton menyatakan bahwa benda yang berada dalam keadaan diam akan tetap diam atau bergerak dengan kelajuan yang konstan pada lintasan yang lurus kecuali ada gaya total yang tidak sama dengan nol.

Di dalam referensi lain yakni buku Giancoli, bunyi hukum I Newton adalah apabila tidak ada gaya luar yang bekerja pada benda, maka benda yang diama akan tetap diam dan benda yang bergera akan terus bergerak dengan kecepatan konstan pada lintasan yang lurus.

Secara matematis, hukum I Newton dapat di tulis:

ΣF= 0

ΣFadalah jumlah resultan gaya yang bekerja pada benda.

Contoh hukum I Newton dalam kehidupan sehari-hari:

  1. Saat kita berdiri dalam bus yang sedang  bergerak kencang, kemudian bus di rem secara tiba-tiba, maka kita terasa terdorong ke depan.
  2. Ketika bus di gas kencang maka penumpang akan terlempar ke belakang.

Contoh poin (a) dan (b) mengindikasikan bahwa tubuh senantiasa mempertahankan kedudukannya.

  1. Taplak di atas meja kemudian diatasnya terdapat vas bunga atau piring. Taplak ditarik secara cepat maka vas bunga atau piring tetap dalam keadaan diam.
  2. Misalnya ada gelas di atas meja. Gelas tersebut tidak jatuh atau bergerak. Gelasnya tetap dia karena tidak ada luar yang mengenai gelas itu.

Hukum I Newton disebut juga sebagai hukum kelembaman atau inersia. Mengapa demikian? Karena membahas benda-benda yang diam mempertahankan kedudukannya dan benda yang bergerak dengan kecepatan konstan pada lintasan yang lurus. Contohnya saat kita naik sepeda motor kemudian direm mendadak, maka tubuh kita akan terdorong ke depan. Sebaliknya saat kita mengegas sepeda motor secara mendadak maka tubuh kita akan terdorong ke belakang. Dengan demikian tubuh kita sebenarnya cenderung mempertahankan kedudukannya atau tubuh kita lembam (inersia).

Untuk setiap benda mempunyai tingkat kelembaman atau tingkat inersia yang berbeda-beda. Hal ini tergantung dari massa benda. Makin besar massa benda tersebut maka makin besar kelembamannya. Makin kecil massa benda maka makin kecil pula kelembamannya.

Misalnya adalah saat kita naik motor, dengan cepat motor kita mudah bergerak kencang. Kemudian saat kita naik kereta api, secara perlahan-lahan kereta api bergerak kencang. Jadi kereta api untuk bergerak kencang memerlukan waktu lebih lama karena kereta api memiliki massa yang jauh lebih besar daripada sepeda motor.

Demikianlah penjelasan yang sederhana tentang hukum I Newtondan contohnya dalam kehidupan sehari-hari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *