bunyi hukum kekekalan energi

Hukum kekekalan energi disebut juga hukum konservasi energi yang terdiri dari energi kinetik dan energi potensial.

Bunyi hukum kekekalan energi :

Energi tidak dapat diciptakan dan tidak dapat dimusnahkan, tapi energi dapat diubah dari bentuk yang satu ke bentuk yang lainnya.

Rumus Hukum Kekekalan Energi Mekanik : EM1=EM2

Ep1+Ek1= Ep2+Ek2

untuk lebih jelasnya liat contoh soal ya!

Energi bersifat kekal, namun yang tetap kekal di dunia ini hanya Tuhan Semesta Alam yaitu Allah subhanahu wata’ala. Hukum kekekalan energi berlaku pada waktu tertentu atau hanya berlaku pada batas tertentu. Untuk lebih jelasnya simak contoh hukum kekekalan energi berikut ini:

  1. Sebuah mobil yang sedang melaju memiliki energi kinetik, kemudian mobil tersebut menabrak mobil lainnya. Energi kinetik pada mobil tersebut tidak hilang tapi pada saat tabrakan ada proses pengubahan energi. Energi kinetik diubah menjadi energi panas dan energi bunyi. Ya memang kalau ada tabrakan mobil pasti terdapat bunyi tabrakan.
  2. Perhatikan air terjun yang sedang mengalir, pada saat air sedang berada di atas, maka terdapat energi potensial air terjun. Kemudian pada saat mengalir terdapat energi kinetik air terjun. Oleh karena itu pada bendungan air untuk PLTA memiliki energi potensial yang sangat besar yang nantinya setelah air mengalir digunakan untuk menggerakan turbin pembangkit listrik.
  3. Cobalah perhatikan atau bayangkan buah kelapa yang ada dipohonnya. Pada waktu buah kelapa tersebut masih berada di pohonnya, buah kelapa memiliki energi potensial. Kemudian pada saat jatuh, energi potensial tersebut menjadi energi kinetik. Nah terdapat energi kinetk yang maksimum pada saat buah kelapa sebelum sampai ke tanah. Jadi kalau sudah sampai ke tanah, hukum kekekalan energinya tidak berlaku. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut!

hukum kekekalan energi

  1. Hukum kekekalan energi berlaku pada bandul yang sedang bergerak

huku kekekalan energi pada bandul

           Pada saat bandul berada pada posisi A, energi yang ada berupa energi potensial pegas, karena pada posisi itu,              benda dalam keadaan diam (v=0), tetapi simpangannya maksimum, begitu pula pada posisi C. Sedangkan saat          di posisi B, energi potensial pegas berubah menjadi energi kinetik, karena kecepatannya maksimum pada saat            itu (v= maks), dan simpangannya nol (di titik setimbang). Jadi Hukum Kekekalan Energi Mekanik berlaku di               sini.

5. Perhatikan dalam motor listrik atau dalam generator listrik, energi listrik penggerak motor berubah menjadi           energi kinetik dan energi panas. sama halnya dengan fenomena dalam generator listrik, energi gerak berubah menjadi energi listrik dna berubah lagi menjadi energi cahaya dan panas. dalam kasus ini berlaku juga Hukum Kekekalan Energi.

Itulah kira-kira fenomena sehari-hari yang berhubungan dengan Hukum Kekekalan Energi. berikut ini ada beberapa contoh perhitungannya. coba perhatikan dan disimak baik-baik.

soal 1:

Sebuah apel dengan massa 0.5 kg jatuh bebas dari pohon yang ketinggiannya tertentu. jika kecepatan apel saat menumbuk tanah adalah 10 m/s. berapakah ketinggian pohon? (g=10 m/s2)

jawab:

apel mengalami gerak jatuh bebas, maka kecepatan awal saat akan jatuh v=0. energi kinetiknya nol, dan energi potensialnya pada saat itu maksimal. saat menumbuk tanah, kecepatannya maksimal, maka energi kinetiknya ada, dan energi potensialnya nol.

EM1=EM2

Ep1+Ek1= Ep2+Ek2

mgh+0=0+ 1/2mv2

0.5 x 10 x h=1/2 x 0.5 x 10 x 10

5 x h = 25

h=5 m

jadi ketinggian pohonnya 5 m.

soal 2:

Sebuah apel dengan massa 0.5 kg jatuh bebas dari pohon yang ketinggian 5 m. Berapakah kecepatan saat menumbuk tanah? (g=10 m/s2)

jawab:

nah kali ini kalian disuruh mencari kecepatan saat menumbuk tanah, masih dengan persamaan yang sama:

EM1=EM2

Ep1+Ek1= Ep2+Ek2

mgh+0=0+ 1/2mv2

0.5 x 10 x 5=1/2 x 0.5 x v2

25= 0.25 x v2

v2=100

v=10 m/s

jadi kecepatan saat menumbuk tanah adalah 10 m/s.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *