Tips menjaga kesehatan mata bagi yang suka berlamaan di depan laptop

Cara menjaga kesehatan mata bagi pengguna komputer – Saya pribadi terkadang lupa waktu kalau sudah lama berada di depan laptop. Kebiasaan ini kalau tidak memperhatikan kesehatan tubuh kita terutama bagian mata kita akan memburuk. Nah kalau sudah memburuk baru kita berupaya mengobatinya. Tips ini sangat wajid diterapkan bagi yang sering duduk lama di depan komputer seperti blogger, jurnalis, gamers, pekerja kantoran dan programmer.

  1. Mengatur kecerahan monitor

Setelah menghidupkan laptop atau komputer sebaiknya kita langsung mengatur kecerahan layar yang sesuai dengan kita. Pilih kecerahan yang paling nyaman menurut kita. Tentu pengaturan kecerahan berbeda pada waktu malam hari dan siang hari.

  1. Perbaiki posisi duduk di depan komputer

Posisi duduk yang salah dapat mengakibatkan seseorang sering sakit punggung dan mata mudah lelah. Untuk itu perlu diperhatikan posisi duduk yang baik. Selain itu ketinggian meja dan kursi yang kita gunakan juga harus proporsional. Yang masih menggunakan meja belajar atau meja lipat harus segera mengganti dengan meja dan kursi yang seimbang. Berikut contoh posisi duduk yang benar dan posisi duduk yang salah.

posisi duduk di depan komputer yang benar

  1. Mengistirahatkan tubuh sejenak

Jika kita mata terlalu fokus dalam waktu yang lama akan sangat mengganggu kesehatan kita. Gejala yang sering muncul adalah susah tidur dan punggung terasa sakit kalau habis bangun tidur. Agar kita terhindar dari yang demikian, sebaiknya beberapa saat mata kita rileks bisa menengok ke kanan atau ke kiri, melihat jendela atau melihat hal yang jauh agar mata kita tidak terus menerus berakomodasi maksimum.

  1. Sediakan air putih

Jangan lupa disamping tempat kita kerja atau disamping laptop sediakan air putih. Dengan cukup mengkonsumsi air putih, kesehatan tubuh kita akan tetap terjaga. Apalagi kalau seorang blogger biasanya lupa makan dan lupa minum. Begitu juga dengan gamers.

  1. Mengatur pencahayaan ruangan

Nyalakan lampu ruangan kita yang cukup. Jangan sampai kita menggunakan laptop tapi ruangan tersebut gelap. Hal ini akan mengakibatkan mata kita akan fokus terus menerus. Dalam waktu yang lama dapat mengakibatkan mata minus. Bagi yang sudah minus, minusnya bisa bertambah. Ngeri kan?

Tips menjaga kesehatan mata bagi yang suka berlamaan di depan laptop | Pak Mono | 4.5