Rumus hukum pascal dan contoh soal hukum pascal

Materi hukum pascal, rumus hukum pascal, contoh hukum pascal dalam kehidupan sehari-hari, dan contoh soal hukum pascal SMP.

Hukum pascal pertama kali dikemukakan oleh Blaise Pascal.

Bunyi hukum pascal adalah tekanan yang diberikan oleh zat cair dalam ruang tertutup akan diteruskan ke segala arah dan sama besar.

Untuk desain dari dari hukum pascal bisa memperhatikan gambar berikut :

Jadi terdapat pipa seperti pipa U, jika pipa tersebut diair, kemudian pada masing-masing lubangnya diberikan penutup. Pada penampang yang kecil akan dibutuhkan gaya yang kecil untuk mendorongnya, sedangkan pada penampang yang besar akan dihasilkan gaya yang besar karena penampangnya yang besar. Kemudian besar tekanan pada penampang kecil sama dengan tekanan pada penampang yang besar.

Rumus hukum pascal :

rumus hukum pascal

Jika diketahui jari-jari atau diameter, rumusnya berubah menjadi:

rumus hukum pascal diameter dan jari jari

Keterangan :

F1 = gaya pada penampang 1 (newton)

F2 = gaya pada penampang 2 (newton)

A1 = luas penampang 1 (m2)

A2 = luas penampang 2 (m2)

D1 = diameter pada penampang 1 (m)

D2 = diameter pada penampang 2 (m)

R1 = jari-jari pada penampang 1 (m)

R2 = jari-jari pada penampang 2 (m)

Bunyi Hukum Archimedes dan Contoh Soalnya

Contoh hukum pascal dalam kehidupan sehari-hari

Mesin hidrolik pengangkat mobil

Kalau kalian main ke tempat cucian mobil yang modern, disana terdapat mesin hidrolik. Untuk menggerakannya biasanya tukang cuci mobil tinggal memencet tombol saklar karena terhubungkan dengan listrik. Untuk mengangkat mobil yang massanya 1 ton (1000 kg) hanya menggunakan gaya yang kecil sehingga mobil dapat terangkat dan mudah dicuci bagian bawahnya.

Rem hidrolik pada mobil, bus, dan truk

Pada kendaraan yang yang besar seperti mobil, bus, dan truk alat pengeremannya menggunakan sistem hidrolik. Jadi gaya yang digunakan untuk mengurangi laju mobil cukup dengan gaya yang kecil yang dikerjakan oleh manusia. Kemudian mesin hidrolik tersebut dapat menghasilkan gaya yang besar untuk mengurangi lajunya dengan cara gesekan antara kampas rem dengan roda mobil. Sangat sederhana sekali kan?

Pompa sepeda atau sepeda motor

Kalau roda sepeda kalian kempes pasti kalian memerlukan pompa untuk memompa ban. Tanpa pompa sepeda kita tidak mungkin bisa memasukkan udara ke sepeda kan? Apa ban sepeda bisa di tiup menggunakan mulut? Dicoba saja yah! Dijamin tidak bakalan bisa hehe. Pada pompa sepeda, kita memompanya dengan gaya yang kecil, tapi udara bisa masuk ke dalam ban dan ban menjadi tidak kempes dan kuat untuk dinaiki lagi.

Jarum suntik

Jarum suntik yang sederhana ini juga menggunakan prinsip hukum pascal. Ayo siapa yang takut dengan jarum suntik? Supaya cairan dalam jarum suntik bisa masuk ke dalam tubuh, kita tinggal memompa saja jarum suntiknya, maka cairan akan mudah masuk ke dalam tubuh.

Dongkrak hidrolik

Dongkrak hidrolik ini sering dipakai oleh pengemudi truk jika truknya ada kendala. Untuk menggunakannya sangat mudah dan hanya mengeluarkan gaya yang sangat kecil. Namun hasilnya mobil atau truk bisa terangkat. Misalnya digunakan pada saat ban mobil bocor dan butuh untuk mengganti roda mobil.

Contoh soal hukum pascal SMP

Soal no 1. Diketahui gambar gambar sebagai berikut. Tentukan gaya pada penampang yang besar!

contoh soal hukum pascal

Soal no 2. Suatu alat pengangkat hidrolik mobil memiliki perbadingan luas penampang yang kecil dan besar 1 : 5. Jika alat tersebut digunakan untuk mengangkat mobil yang beratnya 5000 newton, berapakah gaya yang diperlukan untuk mengangkat mobil tersebut?

Jawab :

Diketahui : A1 = 1        A2 = 5

F2 = 5000 N

Ditanya F1 =…?

Jawab

contoh soal hukum pascal dan jawabannya

Soal no 3. Pada alat dongkrak hidrolik memiliki diameter penampang kecil sebesar 2 cm dan diameter penampang besar 4 cm. Jika dongkrak tersebut mau digukana untuk mengangkat motor yang beratnya mobil yang beratnya 10.000 newton. Berapakah gaya yang digunakan untuk mendongkrak mobil tersebut?

Diketahui : D1 = 2 cm        A2 = 4 cm

F2 = 10.000 N

Ditanya F1 =…?

Jawab :

contoh soal hukum pascal smp

 

Soal no 4. Alat hidrolik mainan memiliki jari-jari 1 cm dan 3 cm. berapakah gaya yang diperlukan untuk mengangkat batu yang massanya 3,6 kg?

Diketahui : R1 =  1 cm dan R2 = 3 cm

m = 3,6 kg, supaya berubah satuannya menjadi newton harus dikalikan dengan kecepatan gravitasi bumi yang besarnya 10 m/s2.

W = m x g = 3,6 x 10 = 36 N

W = F2

Ditanya F1 = …?

Jawab :

contoh soal hukum pascal beserta jawabannya

Demikianlah pembahasan mengenai rumus hukum pascal dan contoh soal hukum pascal. Sampai ketemu lagi di materi selanjutnya.

Rumus hukum pascal dan contoh soal hukum pascal | Pak Mono | 4.5