Rumus Hukum Ohm dan Contoh Soal Hukum Ohm

Pak Mono akan menjelaskan rumus hukum ohm dan contoh soal hukum ohm.

Hukum Ohm ini ditemukan oleh George Simon Ohm. Ohm menembukan hubungan antara tegangan atau beda potensial dengan hambatan dan kuat arus listrik. Percobaan hukum Ohm dengan hambatan yang tetap tapi kuat arusnya dirubah.

Jika kuat arus diperbesar maka beda potensial menjadi besar. Sebaliknya, jika kuat arus diperkecil, maka beda potensial menjadi kecil.

Bunyi Hukum Ohm

Kuat arus yang mengalir pada suatu kawat penghantar akan berbanding lurus dengan beda potensial pada ujung-ujung kawat penghantar tersebut asalkan suhu kawat dijaga konstan.

Hukum Ohm dirumuskan :

V = I R

I = V/R

R = V/I

Keterangan :

V = Beda potensial atau tegangan (volt)

I = Kuat arus listrik (ampere atau A)

R = Hambatan listrik (ohm atau Ω)

1Kohm = 1 kilo ohm = 1000 ohm

Contoh soal Hukum Ohm

1. Suatu hambatan 12 Ω dihubungkan dengan baterai. Setelah diukur dengan amperemeter, ternyata kuat arus yang mengalir adalah 1/2 ampere. Berapakah nilai tegangan pada baterai tersebut?

1 contoh soal hukum ohm dan pembahasannya

2. Sebuah hambatan 9 Ω dirangkai dengan baterai yang memiliki tegangan 6 volt. Berapakah nilai kuat arus listrik yang mengalir pada hambatan tersebut?

2 rumus hukum ohm dan contoh soalnya

3. 2 buah baterai yang memiliki tegangan 3 volt dihubungkan dengan sebuah hambatan. Ternyata kuat arus listrik yang mengalir adalah 1/2 ampere. Berapakah nilai hambatan tersebut?

3 contoh soal hukum ohm

4. 2 resistor memiliki masing-masing hambatan 2 ohm dan 2 ohm yang dirangkai secara seri. Kumudian kedua hambatan tersebut dirangkai dengan tegangan baterai yang nilainya 6 volt. Berapakah nilai kuat arus listrik yang mengalir pada kedua hambatan tersebut?

4 hukum ohm dan contoh soalnya

5. 2 hambatan yang masing-masing bernilai 6 Ω dan 3 Ω disusun secara paralel. Kemudian hambatan tersebut dirangkai dengan tegangan baterai 3 volt. Berapakah nilai kuat arusnya?

5 rumus hukum ohm

6. Perhatikan gambar rangkaian resistor yang disusun secara parelel berikut ini. Jika R1 = 6 Ω dan R2 = 3 Ω serta beda potensialnya 3 volt. Berapakah nilai kuar arus pada rangkaian tersebut?

6 contoh soal rumus hukum ohm

7. Berikut ini gambar rangkaian campuran atau gabungan rangkaian seri dan rangkaian paralel. R1 = 4 Ω, R2 = 4 Ω, R3 = 3 Ω, R4 = 1 Ω, V = 3 volt. Berapakah kuat arus yang mengalir pada rangkaian tersebut?

7 contoh soal hukum ohm dan pembahasannya

8. Carilah kuat arus pada gambar rangkaian kombinasi rangkaian paralel dan rangkaian seri berikut ini! Jika R1 = 6 Ω, R2 = 6 Ω, R3 = 6 Ω, R4 = 3 Ω, V = 6 volt.

8 contoh soal hukum ohm

9. Carilah beda potensial pada gambar rangkaian di bawah ini! R1 = 6 Ω, R2 = 6 Ω, R3 = 6 Ω, R4 = 12 Ω, R5 = 12 Ω, I = 1 A.

9 pembahasan contoh soal hukum ohm

10. Perhatikan gambar di bawah ini! Jika R1 = 3 Ω, R2 = 2 Ω, I = 1 A, dan V = 6 volt. Carilah nilai hambatan pada R3!

10 hukum ohm dan contoh soal pembahasannya

Oke demikianlah penjelasan pak Mono tentang rumus hukum ohm dan contoh soal hukum ohm. Semoga barmanfaat dan SEMANGAT BELAJAR!

Rumus Hukum Ohm dan Contoh Soal Hukum Ohm | Pak Mono | 4.5