Rumus gaya berat dan contoh soal gaya berat

Pengertian gaya berat adalah gaya tarik bumi yang bekerja pada suatu benda. Gaya berat termasuk dalam besaran vektor karena mampunyai nilai dan arah yang menuju pusat  bumi. Satuan gaya berat adalah newton (N).

Rumus gaya berat sebagai berikut :

W = m g

Keterangan : W = gaya berat (N)

m = massa benda (kg)

g = percepatan gravitasi bumi yang besarnya 9,8 m/s2 atau dibulatkan 10 9,8 m/s2

Gaya berat dipengaruhi oleh percepatan gravitasi bumi dan massa benda. Apabila massanya tetap, maka yang berpengaruh adalah percepatan gravitasi bumi.

Percepatan gravitasi bumi pada suatu wilayah nilainya berbeda. Hal ini bergantung pada ketinggian tempat. Semakin tinggi suatu tempat, maka percepatan gravitasinya semakin berkurang. Misalnya antara di daerah khatulistiwa dengan daerah di kutub utara, yang memiliki percepatan gravitasi bumi yang paling besar adalah di daerah kutub utara. Mengapa bisa demikian? Karena bumi menggembung di tengah sehingga daerah khatulistiwa memiliki jari-jari bumi yang lebih tinggi/ besar dibandingkan jari-jari bumi di kutub utara.

Jadi semakin dekat massa benda dengan pusat bumi, gaya beratnya semakin besar, sebaliknya jika massa benda semakin jauh dengan pusat bumi maka gaya beratnya semakin kecil.

Gaya yang bekerja pada benda yang diam :

Perhatikanlah gambar berikut ini:

rumus gaya berat

  1. Gaya berat benda arahnya selalu ke bawah dan letaknya selalu di tengah benda
  2. Gaya normal benda adalah gaya sentuh antara kotak dengan meja yang dikerjakan pada permukaan bidang sentuh meja yang arahnya selalu tegak lurus dengan permukaan bidang sentuh.

Contoh soal gaya berat :

Soal 1. Sebuah kotak buku memiliki massa 10 kg. Jika percepatan gravitasi bumi di daerah pegunungan besarnya 9,8 m/s2, berapakah besar berat kotak buku?

Jawab :

Diketahui m = 10 kg dan g = 9,8 m/s2                   

Ditanya : W = ….?

W = m g

W = 10 kg x 9,8 m/s2

W = 98 N

Soal 2. Sebuah batu memiliki berat 100 newton. Apabila percepatan gravitasi buminya 10 m/s2. Berapakah massa batu tersebut?

Jawab :

Diketahui W = 100 N dan g = 10 m/s2

Ditanya m = ….?

W = m g

m = W / g

m = 100N / 10 m/s2

m = 10 kg

Soal 3. Sebuah logam yang massanya 2 kg memiliki berat 19,6 N. Berapakah besar percepatan gravitasi buminya?

Jawab :

Diketahui m = 2 kg dan W = 19,6 N

Ditanya g = …. m/s2?

W = m g

g = W / m

g = 19,6 N / 2 kg

g = 9,8 m/s2

Rumus gaya berat dan contoh soal gaya berat | Pak Mono | 4.5