Rumus cepat rambat gelombang transversal dan longitudinal

Pada kesempatan ini Pak Mono akan menjelaskan rumus cepat rambat gelombang transversal dan gelombang longitudinal beserta contoh soalnya. Materi ini di kelas 8 SMP semester 2 dan kelas 11 SMA semester 2.

Gelombang transversal adalah gelombang yang arah rambatnya tegak lurus dengan arah getarannya. Contoh gelombang transversal misalnya gelombang cahaya, gelombang air, gelombang ombak laut, dan gelombang pada tali panjang digetarkan.

gambar bentuk gelombang transversal

Gambar bentuk gelombang transversal

Pada gambar di atas, jumlah gelombangnya ada 2 gelombang. Satu gelombang adalah satu bukit dan satu lembah. Untuk menentukan panjang gelombang, bisa dilihat pada satu bukit dan satu lembah, adri A – B -C.

Sedangkan gelombang longitudinal adalah gelombang yang arah rambatnya sejajar dengan arah getarannya. Contoh gelombang longitudinal misalnya gelombang bunyi dan gelombang pada slinki.

gambar bentuk gelombang longitudinal

Gambar bentuk gelombang longitudinal

Pada gambar gelombang longitudinal di atas jumlah gelombangnya ada 1,5 gelombang. Satu gelombang atau satu panjang gelombang dilihat dari satu rapatan dan satu renggangan. Pada gambar tersebut terdapat 2 rapatan yang ada di samping kanan dan kiri, sedangkan renggangan terapat pada bagian tengahnya.

Rumus cepat rambat gelombang transversal dan longitudinal itu sama

v = λ / T

v = λ x f

sedangkan T = t / n

dan f = n / t

hubungan antara periode dan frekuensi :

f = 1 / T           dan  T = 1 / f

Keterangan

v = cepat rambat gelombang (m/s)

λ (lamda) = panjang gelombang (m)

T = periode (sekon)

f = frekuensi (Hz)

n = jumlah gelombang

t = waktu (sekon)

Contoh soal cepat rambat gelombang :

 

Rumus cepat rambat gelombang transversal dan longitudinal | Pak Mono | 4.5