Perubahan wujud benda padat, cair, dan gas

Perubahan wujud benda padat, cair, dan gas. Sebelumnya pak Mono sudah menjelakan tentang ciri-ciri zat padat, cair, dan gas. Sering kali materi perubahan wujud ini keluar sebagai ujian kenaikan kelas dan ujian nasional baik di sekolah dasar maupun sekolah menengah. Jadi kaliah harus benar-benar paham untuk materi ini yah!

contoh perubawah wujud benda

Perhatikan diagram perubahan wujud benda berikut :

  1. Mencair

Mencair adalah peristiwa perubahan wujud dari zat padat menjadi cair. Proses ini membutuhkan/ menyerap kalor. Contoh mencair adalah es batu yang dipanaskan akan mencair, susu coklat padat yang dipanaskan juga akan mencair, gula pasir kalau dipanaskan akan mencair.

  1. Membeku

Membeku adalah peristiwa perubahan wujud dari zat cair menjadi padat. Pada proses ini melepaskan kalor. Contoh membeku adalah air yang didinginkan akan menjadi es batu, coklat cair jika didinginkan akan menjadi padat, mentega cair didinginkan akan menjadi padat, pembuatan gula aren atau gula merah setelah pada waktu panas bentuknya cair kemudian setelah didinginkan akan menjadi gula merah yang padat.

  1. Menguap

Menguap adalah peristiwa perubahan wujud dari zat cair menjadi gas. Proses ini membutuhkan/ menyerap kalor. Contoh menguap adalah air yang dipanaskan akan menguap, spirtus yang dibiarkan terbuka akan menguap, bensin yang dibiarkan terbuka akan menguap, minyak kayu putih yang dioleskan di badan akan menguap, minyak wangi yang disemprotkan pada baju akan menguap.

  1. Mengembun

Mengembun adalah peristiwa perubahan wujud dari zat gas menjadi zat cair. Proses ini melepaskan atau membuang kalor. Contoh mengembun adalah pada waktu pagi hari terdapat titik embun di atas daun, pada dinding gelas yang berisi es akan terdapat butiran-butiran air karena ada pengembunan, pada kaca mobil bagian dalam pada waktu hujan akan mengembun dan harus di lap karena mengganggu penglihatan.

  1. Menyublim

Menyublim adalah peristiwa perubahan wujud dari zat padat menjadi gas. Proses ini membutuhkan/ menyerap kalor. Contoh menyublim adalah kapur barus yang menguap akan menjadi kecil dan hilang, pengharum ruangan akan menguap dan menjadi kecil dan habis, pengharum kamar mandi lama-kelamaan akan menjadi kecil dan habis karena menguap.

  1. Mengkristal atau deposisi

Mengkristal adalah peristiwa perubahan wujud dari zat gas menjadi zat padat. Proses ini melepaskan kalor. Contoh mengkristal adalah hujan salju, gas karbondioksida yang didinginkan akan menjadi padat, gas oksigen yang dinginkan akan menjadi padat.

Kesimpulan : peristiwa yang melepaskan kalor adalah membeku, mengembun, dan mengkristal, sedangkan peristiwa yang membutuhkan atau menyerap kalor adalah mencair, menguap, dan menyublim.

Demikianlah penjelasan pak Mono tentang Perubahan wujud benda padat, cair, dan gas. Semoga bermanfaat :)

Perubahan wujud benda padat, cair, dan gas | Pak Mono | 4.5