Pengertian rotasi bumi dan akibat rotasi bumi

Pengertian rotasi bumi dan akibat rotasi bumi – Pengertian rotasi bumi adalah perputaran bumi pada porosnya (sumbunya). Waktu yang diperlukan oleh bumi berputar pada porosnya adalah 23 jam 56 menit dan biasanya dibulatkan menjadi 24 jam. Adanya rotasi bumi kita bisa mengamati kejadian alam dalam kehidupan sehari-hari. Pernahkah kalian berpikir bahwa kalau lamanya siang dan malam berbeda jauh? Tentu kita yang hidup di Indonesia akan menjadi tidak nyaman. Kalau orang yang berada di dekat kutub utara maupun kutub selatan, antara waktu siangnya kadang lebih lama dan terkadang waktu malamnya lebih lama. Besarnya kecepatan rotasi bumi di Inggris adalah 965 km perjam. Di tempat lain berbeda-beda, misalnya di daerah khatulistiwa dan di kutub berbeda juga. Rentang besarnya kala rotasi bumi kita adalah 150 hingga 1.050 mil per jam.

Berikut ini akibat rotasi bumi :

  1. Terjadinya waktu siang dan malam

akibat rotasi bumi

Kita bisa menikmati sinar matahari dari pagi hingga sore hari. Siang dan malam untuk Indonesia masih seimbang lamanya karena letak Indonesia yang berada di daerah khatulistiwa. Berbeda dengan orang yang berada di Inggris atau Eropa lainnya. Untuk bulan-bulan tertentu, waktu siang itu lebih lama dari waktu malamnya. Bayangkan kalau kalian berpuasa disana? Pasti lama banget yah.

  1. Terjadinya gerak semu matahari dari arah timur ke barat

Pagi hari, matahari seolah-olah terbit dari arah timur kalau kita berada di bumi. Kemudian matahari tenggelam di sebelah barat. Itulah akibat adanya rotasi bumi. Pada waktu matahari terbit, sebagian belahan bumi mulai terkena sinar matahari sedangkan ketika matahari terbenam sebagain belahan bumi mulai tidak disinari oleh matahari dan berganti ke belahan bumi di negara lainnya. Sebenarnya bukan matahari yang melintasi dari Timur ke Barat, melainkan bumi kita berputar pada porosnya.

  1. Terdapat pembagian waktu pada daerah bujur bumi

Akibat rotasi bumi, pembagian waktu di Indonesia dibagi menjadi tiga yaitu WIB, WITA, dan WIT. Masing-masing selisih satu jam. Misalnya di Jakarta jam 8 pagi, di Bali sudah jam 9 pagi, begitu juga dengan di Jayapura sudah jam 10 pagi. Garis bujur 0 derajat berada di Grenwich, Inggris. Kita di Indonesia dari Inggris selisih 7 jam.

Demikianlah penjelasan Pak Mono mengenai pengertian rotasi dan akibat rotasi bumi. Semoga bermanfaat :)

Pengertian rotasi bumi dan akibat rotasi bumi | Pak Mono | 4.5