Pengertian revolusi bumi dan akibat revolusi bumi

Pengertian revolusi bumi dan akibat revolusi bumi – Revolusi bumi adalah peredaran bumi mengelilingi matahari. Sedangkan kala revolusi bumi adalah waktu yang diperlukan oleh bumi untuk mengelilingi matahari satu putaran penuh. Besarnya kala revolusi bumi adalah 365,25 hari atau dibulatkan menjadi 366 hari. Ketika bumi berotasi juga berevolusi. Bumi berevolusi dengan kemiringan 23,5 derajat dari garis ekliptika (dari garis tegak lurus pada bidang edar bumi).

Akibat revolusi bumi :

  1. Terjadinya perubahan musim

Khususnya di Indonesia tercinta ini terdapat dua musim yaitu musim kemarau dan musing penghujan. Hal ini dikarenakan posisi Indonesia terletak pada garis khatulistiwa. Perubahan musim yang signifikan terjadi di bumi belahan utara dan bumi bagian selatan dan mengalami empat perubahan musim.

waktu pergantian musim di bumi

 

  1. Perbedaan lama waktu siang dan waktu malam

Pada bulan-bulan tertentu lamanya siang dan lamanya malam berbeda. Terkadang lama waktu siang lebih lama, terkadang juga siang terasa sangat pendek. Hal ini mudah kita lihat sebagai seorang muslim. Pada bulan tertentu waktu magrib jam 5.35 sore, terkadang juga waktu magrib mulai 6 sore, dan terkadang juga waktu magrib 6.15 sore. Nah itulah cara mudah untuk mengetahui perbedaan lamanya waktu siang dan waktu malam.

  1. Terjadinya perubahanrasi bintang

Kalau kita mengamati langit terdapat perubahan rasi bintang lho. Pada bulan-bulan tertentu muncul bintang yang besar dan terlihat kelap-kelip. Sedangkan pada bulan tertentu, bintang tersebut tidak lagi terlihat oleh kita karena bumi kita sedang berevolusi.

Demikianlah penjelasan pak mono tentang pengertian revolusi bumi dan akibat revolusi bumi yang mudah kita amati dalam kehidupan sehari-hari. Pak mono contoh soal tentang rotasi dan revolusi bumi.soal ini keluar pada ujian nasional mata pelajaran IPA tahu 2014.

Perhatikanlah fenomena-fenomena alam berikut ini!

(1) Terjadinya perubahan musim pada bulan-bulan tertentu

(2) Pergantian siang dan malam

(3) Terjadinya perubahan rasi bintang

(4) Perbedaan lamanya waktu siang dengan malam

(5) Gerak benda langit seperti matahari dari timur ke barat

Fenomena alam sebagai akibat revolusi bumi adalah….

  1. (3), (2) dan (1)
  2. (1), (4) dan (2)
  3. (4), (3) dan (1)
  4. (5), (4) dan (3)

Jawaban yang tepat adalah C, nomor 1, 3, dan 4.

Pengertian revolusi bumi dan akibat revolusi bumi | Pak Mono | 4.5