Pengertian pesawat sederhana dan jenis-jenis pesawat sedehana

Pengertian pesawat sederhana adalah alat yang digunakan untuk mempermudah melakukan usaha. Dalam kehidupan sehari-hari kita sebenarnya sering menggunakan pesawat sedernana. Kalau kalian mau memotong kertas, kalian menggunakan gunting sehingga potongan kertas menjadi rapi. Saat kita ingin memotong kuku, kita bisa menggunakan alat pemotong kutu. Saat kita inggin mencabut paku yang menempel ditembok kalau dengan tangan bisa mungkin kita tidak akan bisa. Tapi kalau kita menggunakan alat seperti linggis ataupun tang, kita bisa mencabut paku tersebut dengan mudah.

Jenis-jenis pesawat sederhana ada empat macam, yaitu tuas, katrol, bidang miring, dan roda gigi yang selanjutnya akan saya bahas secara rinci sebagai berikut :
1. Tuas

Tuas sering dikenal dengan nama pengungkit. Sistem kerjanya terdiri dari titik tumpu, beban, dan kuasa. Berdasarkan sistem kerjanya, tuas dibagi menjadi tiga yaitu tuas jenis pertama, tuas jenis kedua, dan tuas jenis ketiga.

  1. Tuas jenis pertama

Susunan tuas jenis pertama adalah beban, titik tumpu, dan kuasa atau dibalik kuasa, titik tumpu, dan beban. Dengan kata lain titik tumpu berada di antara beban dan kuasa. Jadi yang berada di tengah adalah titik tumpunya. Perhatikan gambar berikut!

gambar tuas jenis pertama

Contoh tuas jenis pertama adalah gunting, alat pemotong kuku, linggis, dan tang.

Jika titik tumpu semakin dekat dengan beban, maka gaya yang diperlukan untuk mengangkat beban akan semakin kecil. Artinya semakin ringan.

Rumus tuas jenis pertama adalah

rumus pesawat sederhana tuas 1

F = kuasa atau gaya yang diperlukan (newton)

lF = lengan kuasa (meter)

W = beban (newton)

lB = lengan beban (meter)

KM = Keuntungan mekanis

  1. Tuas jenis kedua

Susunan tuas jenis kedua adalah beban berada di tengah. Atau beban diantara titik tumpu dan kuasa. Contoh tuas atau pengungkit jenis kedua adalah gerobak barang, pemecah kemiri, dan pembuka botol. Perhatikan gambar tuas jenis kedua berikut!

gambar tuas jenis kedua

Rumus tuas jenis kedua

rumus pesawat sederhana tuas 1

  1. Tuas jenis ketiga

Susunan tuas jenis ketiga adalah kuasa terletak di antara titik tumpu dan kuasa. Dengan kata lain kuasa berada di tengah. Contoh tuas jenis ketiga adalah orang sedang memancing, orang sedang menyapu, orang yang sedang mengangkat barang dengan tangannya, dan orang yang sedang mengangkat barbel.

Berikut gambar tuas jenis ketiga!

gambar tuas jenis ketiga

Rumus tuas jenis ketiga adalah :

rumus pesawat sederhana tuas 1

  1. Bidang miring

Bidang miring adalah salah satu jenis pesawat sederhana yang bentuknya miring. Contoh bidang miring adalah mata pisau yang semakin tipi, ujung pisau yang lancip, baji, mur, jalan di pegunungan yang berkelok-kelok, tangga yang berundak-undak di rumah.

Contoh gambar bidang miring:

gambar bidang miring

Rumus bidang miring adalah

rumus bidang miring

Keterangan =

S = panjang bidang miring atau papan (meter)

h = tinggi bidang miring dari tanah (meter)

  1. Katrol

Katrol adalah salah satu jenis pesawat sederhana yang berupa roda yang diberi tali. Contoh katrol adalah kerekan atau alat untuk mengambil air (timba).

Katrol dibagi menjadi dua yaitu katrol tetap dan katrol bergerak.

  1. Katrol tetap

Katrol tetap berupa kerekan atau alat untuk mengambil air yang bisa kita temukan di sumur. Fungsi katrol tetap ini adalah mengubah arah gaya. Keuntungan mekanis katrol tetap adalah satu.

gambar katrol tetap

  1. Katrol bergerak

Contoh katrol bergerak adalah alat yang biasa digunakan untuk mengangkat beban yang berat seperti peti kemas atau alat untuk mengangkat mesin. Katrol bergerak ini biasa dimanfaatkan dalam bidang pembangunan. Keuntungan mekanis katrol bergerak adalah dua.

gambar katrol bergerak

  1. Roda atau gear

Roda atau gear adalahs salah satu jenis pesawat sederhana yang berbentuk roda atau gear. Contoh roda atau gear adalah gear (gigi) pada , sepeda, sepeda motor atau mobil. Pada saat kita mengendarai sepeda motor di daerah tanjakan kita akan menggunakan gear yang kecil, misalnya gear (gigi) satu. Sedangkan pada jalan yang lurus kita menggunakan gear yang besar agar sepeda motor dapat berjalan dengan cepat.

gambar gear roda sepeda 2

Demikianlah penjelasan pak mono tentang pengertian pesawat sederhana dan jenis-jenis pesawat sederhana. Selamat belajar….

Pengertian pesawat sederhana dan jenis-jenis pesawat sedehana | Pak Mono | 4.5