Pengertian Meniskus Cekung dan Meniskus Cembung Beserta Contohnya

Meniskus Cekung dan Meniskus Cembung – Pengertian meniskus adalah sifat kelengkungan zat cair pada sebuah tabung reaksi. Jadi zat cair tersebut dimasukan ke dalam tabung reaksi maka akan terbentuk pada bagian atas permukaannya apakah cekung ataukah cembung.

pengertian meniskus cekung dan meniskus cembung
1. Meniskus Cekung
Contoh meniskus cekung adalah apabila air berada di dalam tabung reaksi maka pada permukaannya akan berbentuk cekung. Air juga akan membasahi dinding kaca.
Peristiwa meniskus cekung ini terjadi apabila gaya kohesi lebih kecil daripada gaya adhesinya. Jadi gaya adhesinya yang lebih besar antara air dan kaca sehingga air tersebut membasahi dinding kaca.
2. Meniskus cembung
Contoh meniskus cembung adalah apabila air raksa berada di dalam tabung reaksi maka pada permukaannya akan berbentuk cembung. Air raksa tidak membasahi dinding kaca
Peristiwa meniskus cembung ini terjadi apabila gaya kohesi air raksa lebih besar daripada gaya adhesinya. Jadi gaya adhesi antara kaca tabung reaksi dengan air raksa lebih kecil dibandingkan dengan gaya kohesi air raksanya.
Catatan : Gaya kohesi adalah gaya tarik-menarik antara partikel-partikel yang sejenis. Gaya adhesi adalah gaya tarik-menarik antara partikel-partikel yang berbeda sejenis.

Pengertian Meniskus Cekung dan Meniskus Cembung Beserta Contohnya | Pak Mono | 4.5