Pengertian konduktor, isolator, dan semikonduktor beserta contohnya

Pak Mono akan menjelaskan tentang pengertian konduktor, isolator, dan semikonduktor beserta contohnya.

  1. Pengertian konduktor adalah bahan yang dapat menghantarkan panas atau kalor dengan baik. Contoh konduktor adalah baja, besi, alumunium, tembaga, dan logam lainnya.

Contoh pemanfaatan benda konduktor adalah sebagai penghantar listrik atau kabel, sebagai logam pemanas pada alat-alat dapur seperti wajan, panci, dan sebagainya, sebagai alat untuk menyetrika.

pengertian konduktor, isolator, dan semikonduktor beserta contohnya.

  1. Pengertian isolator adalah benda yang tidak dapat (kurang baik) menghantarkan kalor. Contoh isolator adalah kain, air, kaca, kertas, plastik, dan kayu.

Contoh manfaat benda isolator dalam kehidupan sehari-hari adalah untuk mengangkat wajan atau panci kita membutuhkan kain untuk memegang gagang wajan/ panci agar tidak panas. Susuk atau solet ujungnya terbuat dari plastik agar tidak terasa panas ketika sedang digunakan. Pengangan solder terbuat dari plastik atau karet agar tidak membahayakan kulit karena solder sangat panas.

  1. Pengertian semikonduktor adalah bahan dengan daya hantar panas atau daya hantar listriknya berada di antara konduktor dan isolator. Contoh bahan semikonduktor adalah galium arsenide, germanium, dan silikon. Penerapan bahan semikonduktor ini biasa pada rangkaian elektronika.

Baca perpindahan kalor secara konduksi dan contohnya

Pengertian konduktor, isolator, dan semikonduktor beserta contohnya | Pak Mono | 4.5