Pengertian gaya gesek, gaya gesek yang menguntungkan dan merugikan

Pengertian gaya gesek – Ketika kalian berlarian di halaman sekolah atau di lapangan, maka kamu akan merasakan seperti menerjang angin, disitulah kalian akan merasa ada gesekan dengan angin. Begitu juga saat kalian mengendarai sepeda atau sepeda motor di jalan, maka kalain serasa ada angin yang menabrak kalian.

Ketika kalian menjatuhkan sebuah kelereng di dalam gelas, makan kecepatan kelereng di dalam gelas akan lebih lambat dibandingkan jika kalian menjatuhkan kelereng tidak di dalam gelas.

Peristiwa di atas, seperti ada gaya yang menahan gerakan kalian atau ada yang menahan gerak kelereng di dalam air. Gaya yang seolah-olah menahan gerak benda itulah yang disebut dengan gaya gesek.

Jika benda yang permukaannya halus kemudian bergesekan dengan permukaan yang kasar maka gaya geseknya akan semakin besar. Kemudian benda yang permukaannya halus bergesekan dengan benda yang permukaannya juga halus maka gaya gesekannya akan semakin kecil.

Jadi, pengertian gaya gesek adalah gaya yang timbul akibat persentuhan langsung antara dua permukaan benda dengan arah yang berlawanan terhadap gerak arah gerak benda.

Contoh gaya gesek dalam kehidupan sehari-hari:

  1. Saat kita mendorong kardus mie instan ke arah kanan, maka gaya geseknya ke arah yang berlawanan yaitu ke arah kiri.
  2. Saat kita mendorong gerobak ke arah kanan, maka gaya gesek gerobak dengan lantai ke arah kiri
  3. Saat kita mencelupkan kelereng ke dalam air, maka gerak kelereng akan semakin lambat karena ada gaya gesekan kelereng dengan air yang arah gaya geseknya ke atas.

pengertian gaya gesek

Dalam kehidupan sehari-hari, gaya gesek ada yang menguntungkan bagi manusian ada gaya gesek yang merugikan.

Contoh gaya gesek yang menguntungkan :

  1. Gaya gesekan antara sepatu kita saat kita pakai bergesekan dengan permukaan jalan yang memudahkan kita untuk berjalan di aspal ataupun di lantai sekolahan. Jika lantainya licin, maka kita bisa terpeleset.
  2. Gaya gesekan antara rem sepeda atau rem mobil yang bergesekan dengan roda sehingga sepeda atau mobil jalannya bisa diperlambat oleh kita.
  3. Gaya gesekan antara roda sepeda motor yang bergerigi dengan jalan aspal sehingga tidak selip dan aman untuk berkendara
  4. Gaya gesekan antara roda gerobak dengan permukaan jalan yang memudahkan pendorong gerobak. Kalau tidak ada roda gerobak pasti gerobaknya akan sulit sekali di dorong
  5. Permukaan bawah sandal gunung dibuat bergerigi agar mudah dipakai saat mendaki gunung yang jalannya terjal.

Contoh gaya gesek yang merugikan :

  1. Gaya gesekan antara ban mobil atau ban sepeda motor dengan permukaan jalan aspal sehingga lama kelamaan ban semakin tipis dan harus diganti
  2. Gaya gesekan antara mobil dengan udara sehingga gerak mobil bisa menjadi terhambat
  3. Gaya gesekan anatara kopling dengan mesin mobil yang bisa menyebabkan mesin lebih cepat panas

Contoh cara mengurangi gaya gesek :

  1. Pada sebuah kotak dibawahnya dipasang roda agar kotak mudah di dorong
  2. Sepatu roda dapat menggelinding dengan mudah pada jalan yang datar dan tidak kasar
  3. roda dokar atau andong terbuat dari karet atau ban sehingga mudah ditarik oleh kuda

Contoh memperbesar gaya gesek

  1. Pada mobil Off Road memakai ban yang ukurannya besar dan bergerigi agar mudah melewati jalan tanah yang becek
  2. Pada permukaan bawah sepatu terlihat bagian yang bergerigi dan terbuat dari karet agar ketika dipakai nyaman untuk berlari dan tidak jatuh saat berjalan ditempat keramik yang licin.
Pengertian gaya gesek, gaya gesek yang menguntungkan dan merugikan | Pak Mono | 4.5