Pengertian gaya dan macam macam gaya

Ketika kita melakukan aktivitas selalu menggunakan gaya. Misalnya kita mendorong meja dan menarik tangan teman kita memerlukan gaya. Di dalam ilmu fisika, pengertian gaya adalah tarikan atau dorongan yang diberikan kepada benda sehingga benda mengalami perubahan gerak, perubahan bentuk benda, dan perubahan ukuran benda.

pengertian gaya

Gaya termasuk besaran vektor karena memiliki nilai dan juga arah. Satuan gaya adalah newton (N).

Contoh akibat gaya dikerjakan pada benda yang menyebabkan perubahan gerak adalah saat kita mendorong meja atau menarik meja beberapa meter maka akan terjadi perubahan gerak maupun perubahan posisi meja. Yang menyebabkan benda berubah bentuk misalnya kita meremas-remas plastisin, maka plastisin atau malam tersebut ukuran dan bentuknya berubah.

Macam-macam gaya :

Berdasarkan sifatnya, gaya dibagi menjadi dua macam, yaitu gaya sentuh dan gaya tak sentuh. Penjelasannya sebagai berikut :

  1. Gaya sentuh

Pengertian gaya sentuh adalah gaya yang ditimbulkan dari dua buah benda yang saling bersentuhan. Contoh gaya sentuh adalah gaya pegas, gaya gesek, dan gaya otot.

  1. Gaya tak sentuh

Gaya tak sentuh adalah gaya yang ditimbulkan oleh dua buah benda walaupun tidak saling bersentuhan. Gaya tak sentuh disebut juga gaya medan. Contoh gaya tak sentuh adalah gaya magnet, gaya gravitasi, gaya listrik, dan gaya coulomb.

Baca juga macam-macam energi dan penjelasannya

Penjelasan masing-masing gaya dan contohnya :

  1. Gaya pegas adalah gaya yang ditimbulkan oleh pegas. Contoh gaya pegas terjadi pada ketapel yang ditarik, busur panah yang sedang ditarik, pegas yang sedang ditarik.
  2. Gaya gesek adalah gaya yang ditimbulkan karena gesekan benda dengan permukaan bidang sentuh. Contoh gaya gesek adalah gesekan antara meja yang ditarik dengan lantai, gesekan antara rem dengan cakram pada motor sehingga motor dapat berhenti, dan gesekan sepatu dan lantai sehingga kita bisa nyaman berjalan.
  3. Gaya otot adalah gaya yang ditimbulkan oleh otot. Misalnya kita mengangkat buku menggunakan gaya otot, mendorong atau menarik meja maupun kursi.
  4. Gaya magnet adalah gaya yang ditimbulkan oleh magnet jika berdekatan dengan sesama magnet atau logam. Contoh gaya magnet adalah magnet dapat menarik serpihan besi.
  5. Gaya gravitasi adalah gaya yang ditimbulkan oleh gravitasi bumi yang arahnya selalu menuju pusat bumi. Contoh gaya gravitasi adalah buah mangga yang sudah masak akan jatuh ke tanah.
  6. Gaya listrik adalah gaya yang ditimbulkan oleh listrik muatan listrik. Contoh gaya listrik adalah serpihan kertas dalam menempel pada penggaris plastik yang telah digosokkan ke rambut kering.
  7. Gaya coulomb adalah gaya yang ditimbulkan oleh dua buah muatan yang berdekatan. Contohnya adalah muatan positif dan muatan negatif berdekatan dengan jarak tertentu.
Pengertian gaya dan macam macam gaya | Pak Mono | 4.5