Pengertian dan contoh planet dalam dan planet luar

Pak mono akan menjelaskan planet luar dan planet dalam. Dari kajian para astronom modern saat ini ada delapan planet yang masuk dalam tata surya kita yang selalu mengelilingi matahari yaitu  Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

contoh planet luar dan planet dalam

Berdasarkan pembagian dari sabuk asteroid yang berada di antara planet Mars dan planet Jupiter, digolongkan menjadi planet luar dan planet dalam.

Pengertian planet dalam adalah planet yang letaknya di antara matahari dan sabuk asteroid. Contohnya planet dalam adalah Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars. Ciri khas dari planet dalam adalah bersifat padat dan batuan.

Pengertian planet luar adalah planet yang letaknya di luar sabuk asteroid. Contohnya planet luar adalah Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Ciri khas planet dalam adalah bola gas raksasa yang kemungkinan inti planet luar tersebut berupa padatan namun bagian permukaannya terdiri dari gas. Ciri lainnya adalah planet luar memiliki cincin yang terususun dari gas beku dan debu.

Perhatikan tabel perbedaan planet dalam dan planet luar

Planet dalam Planet luar
Inti planet tersusun dari bahan padat Kemungkinan inti planet tersusun dari bahan padat
permukaan planet batuan permukaan planet terdiri dari gas
Tidak memiliki cincin Memiliki cincin yang tersusun dari gas beku dan debu

Demikinlah penjelasan singkat mengenai planet luar dan planet dalam. Baca juga bagian-bagian matahari.  Semoga bermanfaat :)

Pengertian dan contoh planet dalam dan planet luar | Pak Mono | 4.5