Pemanfaatan energi dalam kehidupan sehari-hari

Sebenarnya kita tidak pernah lepas dari yang namanya energi. Untuk menulis atau membaca artikel ini saja memerlukan energi yang kalian peroleh dari makanan. Energi yang digunakan untuk menggerakan kendaraan bermotor adalah energi yang berasal dari bahan bakan minyak atau BBM. Namun sayangnya energi BBM lama kelamaan akan habis sehingga BBM termasuk energi yang tidak dapat diperbaharui

Disisi lain masih banyak energi yang melimpah atau selalu tersedia. Diantara energi yang termasuk kategori dapat diperbaharui adalah panas matahari, energi angin, energi air, dan sebagainya. Pak Mono akan menjelaskannya sebagai berikut:

Pemanfaatan energi dalam kehidupan sehari-hari

  1. Energi matahari

Matahari merupakan sumber utama energi yang ada di alam semesta kita. Saat ini pemafaatan energi dalam kehidupan sehari-hari adalah untuk mengeringkan pakaian, untuk mengeringkan bahan makanan, untuk solar sel pembangkit listrik dalam skala kecil. Para ilmuwan juga saat ini telah membuat mobil dari dengan energi yang berasal dari panas matahari.

  1. Energi angin

Pemanfaatan energi angin bisa digunakan untuk pembangkit listrik. Caranya adalah angin yang meniup baling-baling akan menggerakan generator sehingga bisa menghasilkan listrik. Jika ingin dijadikan pembangkit listrik harus ditempat yang anginnya bertiup yang konstan dan cepat. Ada satu negara yang banyak terdapat pembangkit listrik dari tenaga angin, ialah negara Belanda sehingga belanda disebut sebagai negara kincir angin. Di Indonesia juga ada namun masih dalam tahap pengembangan. Tepatnya desa Oeledo di kabupatan Rote, Nusa Tenggara Timur terdapat kincir angin untuk menghasilkan listrik.

  1. Energi air

Indonesia kaya akan air. Oleh karena itu pembangkit listrik di Indonesia sebagian besar didominasi oleh PLTA. Contoh PLTA adalah di waduk Jatiluhur, PLTA Sadang, PLTA Sentani Papua. Caranya adalah air ditampung di waduk terlebih dahulu kemudian dialirkan untuk menggerakan turbin yang dihubungkan dengan generator listrik.

  1. Energi panas bumi

Energi panas bumi ini sebenarnya berasal dari hasil pengeboran di bawah permukaan bumi. Pada kedalaman tertentu akan ditemukan uap panas ini menyembur ke luar menuju permukaan bumi. Kemudian uap ini yang digunakan untuk pembangkit listrik panas bumi. Supaya uap itu bisa keluar secara teratur, maka diberi air dingin yang dipompa agar uap di bawah bisa keluar secara konstan. Uap tersebut nantinya digunakan untuk memutar turbin generator listrik.

Baca jenis-jenis energi dan perubahannya

  1. Energi pasang surut air laut

Indonesia sebagai negara kepulauan memiliki banyak alternatif energi. Salah satunya adalah pembangkit listrik tenaga pasang surut air laut. Energi pasang surut ini bisa digunakan untuk memutar turbin yang dihubungkan dengan generator listrik.

Pemanfaatan energi dalam kehidupan sehari-hari | Pak Mono | 4.5