Macam-macam bentuk energi dan contohnya

Macam-macam bentuk energi adalah energi mekanik, energi panas, energi bunyi, energi kalor, energi kimia, energi cahaya, energi listrik, energi nuklir, energi potensial, dan energi kinetik.

Energi Mekanik

Semua benda yang bergerak memiliki energi mekanik. Demikian juga buah kelapa yang berada pada pohonnya memiliki energi mekanik. Energi mekanik merupakan gabungan dari energi potensial dengan energi kinetik. Pada saat mobil sedang bergerak berarti memiliki energi kinetik dan energi potensialnya nol sehingga tetap memiliki energi mekanik. Pada buah mangga atau kelapa yang masih ada di pohon hanya memiliki energi potensial dan energi kinetiknya nol dan tetap memiliki energi mekanik. .

Macam macam bentuk energi dan contohnya

Rumus energi mekanik :

EM = E. potensial + E. kinetik

Energi bunyi

Pengertian energi bunyi adalah energi yang dihasilkan oleh getaran dari partikel suatu benda yang disebut dengan sumber bunyi. Contoh energi bunyi adalah gendang ditabuh, suara tabrakan mobil atau motor, suara orang berteriak, suara drum ditabuh.

Energi panas

Energi panas disebut juga dengan energi kalor. Energi kalor dihasilkan dari getaran atau gerakan partikel molekul yang tersusun dalam suatu benda. Contoh energi kalor adalah solder yang dinyalakan, besi dipanaskan,

Energi kimia

Energi kimia dihasilkan dari reaksi kimia. Contoh energi kimia adalah energi yang tersimpan dalam baterai, energi pada Aki motor atau aki mobil karena reaksi kimia menjadi energi listrik. Energi kimia juga terdapat pada bensin, solar, pertamax, pertalit karena digunakan sebagai bahan bakar. Pada makanan juga terdapat energi kimia. Makanan yang kita makan nantinya berubah menjadi energi kimia yang diproses oleh tubuh sehingga kita memiliki energi untuk beraktivitas.

Energi cahaya

Energi cahaya adalah energi yang dihasilkan dari gelombang elektromagnetik. Contoh energi cahaya adalah cahaya matahari, cahaya lampu, dan cahaya senter.

Energi listrik

Energi listrik adalah energi yang dihasilkan ole muatan listrik yang mengalir pada muatan kabel. Sebenarnya mutana yang mengalir adalah elektron.

Energi nuklir

Pengertian energi nuklir adalah energi yang dihasilkan oleh reaksi ini dari bahan radioaktif. Contoh energi nuklir adalah reaksi inti atom hidrogen, reaksi uranium, dan lainnya. Reaksi nuklir ini menghasilkan energi yang sangat besar. Oleh karena itu energi nuklir ini bisa dimanfaatkan untuk energi listrik di Jepang.

Energi potensial

Energi potensial adalah energi yang tersimpan atau energi yang terkandung dalam suatu benda karena ketinggiannya. Contoh energi potensial adalah batu di atas lemari, buah yang masih dipohon, air terjun, dan lainnya.

Energi kinetik

Energi kinetik merupakan energi pada benda yang bergerak. Semakin besar massa benda yang bergerak, maka energi kinetiknya juga semakin besar. Demikian juga semakin cepat benda yang bergerak, maka energi kinetiknya juga besar. Contohnya motor yang melaju kencang apabila tabrakan akan ringsek parah tapi kalau motornya berjalan pelan kalau bertabrakan hasilnya tidak parah.

Macam-macam bentuk energi dan contohnya | Pak Mono | 4.5