Macam-Macam Alat Ukur Fisika dan Fungsinya Lengkap

Terkait pembahasan selanjutnya setelah besaran pokok dan besaran turunan, kita akan mempelajari macam macam alat ukur dan fungsinya. Alat ukur yang biasa kita jumpai dalam kehidupan sehari ada lima yaitu alat ukur panjang, massa, waktu, suhu, dan kuat arus listrik. Apakah kalian sudah pernah menggunakan salah satu dari alat untuk mengukur besaran tersebut? Kalian sebenarnya sering melihat kalau kalian bepergian ke mall ataupun pasar tradisional. Ketika kamu akan membeli jeruk 1 kg misalnya, maka penjual jeruk akan menimbang jeruk 1 kg dengan timbangan atau neraca.

  1. Alat ukur besaran panjang

Pada alat ukur besaran panjang yang kita bahas adalah penggaris, rollmeter atau meteran, jangka sorong, dan mikrometer sekrup.

  1. Penggaris atau mistar

Penggaris mempunyai skala terkecilnya 1 mm. Jadi ketelitian mistar adalah 0,05 mm. Ketelitian ini diperoleh dengan cara setengah dari nilai skala terkecilnya. Fungsi dari penggaris ini sering kita gunakan untuk mengukur panjang benda dengan panjang kurang dari 30 cm karena penggaris yang tersedia di pasaran hanya 30 cm. Kalau kita menggunakan rollmeter untuk mengukur benda yang panjangnya 10 cm tentu akan susah. Tapi jika kamu menggunakan mistar untuk mengukur panjang meja 2 meter juga akan susah kan?

  1. Rollmeter atau meteran

Apakah kamu sudah pernah memakai rollmeter? Kalau belum, meteran atau rollmeter ini sering digunakan oleh seorang tukang bangunan atau tukang kayu maupu petugas pengukur tanah. Panjang meteran itu sendiri sekitar 7 meter hingga 50 meter. Tergantung itu digunakan untuk mengukur apa. Kalau untuk mengukur panjang jalan, biasanya petugas pengukur jalan menggunakan rollmeter yang panjangnya mencapai 100 meter. Ketelitian meteran sama seperti penggaris yakni 0,05 mm. Skala terkecilnya juga sama dengan penggaris 1 mm.

  1. Jangka sorong

Apakah kalian pernah melihat orang menggunakan jangka sorong selain di laboratorium fisika? Kita bisa melihatnya di tukang pembuat kunci atau ahli kunci dan di bengkel mobil atau motor. Jangka sorong mempunyai skala terkecil 0,1 mm. Nilai ketelitian jangka sorong itu berbeda-beda, tergantung dari nilai skala noniusnya. Tapi rata-rata jangka sorong yang saat ini adalah 0,05 mm.

cara menggunakan jangka sorong

Fungsi jangka sorong adalah untuk mengukur diameter luar maupun diameter dalam suatu benda yang bentuknya lingkaran. Jangka sorong juga bisa digunakan untuk mengukur kedalaman benda yang panjangnya tidak lebih dari 25cm. Pada mekanik yang menggunakan jangka sorong untuk mengukur ukuran ring mesin atau bagian dalam mesin mobil maupun motor yang rusak sehingga harus diganti yang sesuai dengan ukuran yang baru.

Untuk lebih jelas memahami jangka sorong, kamu bisa baca cara mengukur menggunakan jangka sorong secara detail disini.

  1. Mikrometer sekrup

Dalam kehidupan sehari-hari kita sulit menemukan orang yang menggunakan mikrometer sekrup bahkan jarang sekali yah. Fungsi dari mikrometer sekrup adalah untuk mengukur ketebalan suatu benda yang sangat tipis. Misalnya untuk mengukur ketebalan kertas maupun ketebalan suatu logam. Skala terkecil mikrometer sekrup adalah 0,01 mm. Ketelitiannya adalah 0,005 mm. Kalau di pabrik kertas, seorang mekanik selalu memantau hasil cetakan kertas agar hasil kertasnya mempunyai ketebalan yang sama. Nah cara memantaunya bisa menggunakan mikrometer sekrup.

cara menggunakan mikrometer sekrup

Kamu bisa baca cara mengukur menggunakan mikrometer sekrup secara lengkap disini

 

  1. Alat ukur besaran massa

Ala ukur yang digunakan untuk mengukur besaran massa disebut dengan nerata atau timbangan.

  1. Neraca ohaus

Neraca ohaus ini biasa kita jumpai di lab fisika, lab kimia, dan lab biologi. Neraca ohaus memiliki skala terkecil 0,5 gram dan bisa digunakan untuk mengukur beban maksimal 1 kg. Neraca ini digunakan untuk mengukur benda-benda yang kecil. Jangan digunakan untuk menimbang beras dalam jumlah yang banyak yah!

cara menggunakan neraca ohaus

Neraca Ohaus

  1. Neraca pedagang

Nah kalau neraca pedagang ini biasa kita lihat di pasar tradisional. Kalau kita maup beli kentang misalnya 2,5 kg, maka penjual kentang akan menimbang dengan neracanya. Pedagang juga biasa menggunakan satuan ons atau 100 gram. Skala terkecil dari neraca pedagang ini 500 gram atau 0,5 ons.

  1. Necara analog

Kalau kita ingin mengetahui berat badan kita, kita bisa menimbang dengan neraca analog. Jarum neraca akan menunjukan besar masa kita misalnya 50 kg. Biasanya wanita akan sensitif kalau lihat berat badannya naik.

  1. Neraca digital

Neraca digital ini sangat mudah menggunakanannya, kita tinggal letakan benda saja di atasnya dan angka yang tertera pada neraca akan terlihat dan itulah besar massa benda yang kita timbang.

 

  1. Alat ukur besaran waktu
  2. Jam

Ada banyak berbagai model jam, diantaranya jam dinding, jam tangan atau arloji, dan jam gantung. Jaman yang sekarang ini ada jam tangan digital yang anti air. Pada jam tersebut sudah ada kalender, alaram dan sebagainya. Ketelitian dari jam dinding ataupun jam tangan yang analog itu 1 detik. Fungsi dari jam tangan, kita bisa menghargai waktu agar bisa beraktivitas sesuai dengan waktu yang kita jadwalkan.

  1. Stopwatch

Kalau kalian lari, pak guru olahraga akan mengukur waktu tempuh kalian dengan menggunakan stopwatch. Ketelitian dari stopwach adalah 0,1 detik.

[ Yuk belajar materi gerak lurus berubah beraturan ]

  1. Alat ukur besaran kuat arus listrik

Alat yang digunakan untuk mengukur kuat arus listrik adalah amperemeter. Cara menggunakan amperemeter adalah dengan memasangnya secara seri. Ada juga yang namanya voltmeter untuk mengukur tegangan listrik. Kalau dipasaran, ada yang namanya avometer multifungsi yang bisa digunakan untuk mengukur kuat arus, tegangan, dan hambatan listrik.

cara menggunakan multimeter

Multimeter atau Avometer

  1. Alat ukur besaran suhu

Jika pasien demam, seorang dokter akan mengecek suhu badan. Alat tersebut bisa di pasangkan di ketiak, mulut dan selangkangan. Alat yang digunakan untuk mengukur suhu badan ini adalah termometer. Ada berbagai jenis termometer. Termometer yan

cara menggunakan termometer

Termometer air raksa untuk mengukur suhu badan

g terkenal dan sering kita lihat bahkan kita pakai adalah termometer raksa. Karena di dalamnya ada air raksa. Mengapa pakai raksa? Karena raksa mudah sekali memuai jika kena panas.

Demikian penjelasan macam-macam alat ukur dan fungsinya. Kalian tidak boleh menghafalkan tapi kalian pahami saja yah!

Macam-Macam Alat Ukur Fisika dan Fungsinya Lengkap | Pak Mono | 4.5