Jenis-jenis termometer dan fungsinya

Termometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur suhu yang dinyatakan dengan angka.  Setehu pak Mono, ada 7 jenis termometer. Termometer yang ada di dekat kita atau biasa kita lihat di lab adalah termometer air raksa dan termometer alkohol. Kedua jenis termometer tersebut digolongkan ke dalam termometer cairan.

Keuntungan dan kerugian termometer air raksa

termometer air raksa

Jenis-jenis termometer dan fungsinya :

  1. Termometer cairan. Yang termasuk ke dalam termometer cairan adalah sebagai berikut :

Termometer air raksa fungsinya untuk mengukur suhu suatu cairan.

Termometer alkohol fungsiny untuk mengukur suhu pada suatu cairan.

Termometer klinis untuk mengukur suhu badan dengan skala 35 0C sampai dengan 42 0C.

Termometer dinding digunakan untuk mengukur suhu suatu ruangan dengan skala -50 0C sampai dengan 50 0C.

Termometer maksimum dan minium six fungsinya untuk mengukur suhu pada kondisi maksimum dan minimum yang berada di dalam rumah kaca. Rumah kaca tersebut dipakai untuk menanam tanaman yang dijadikan sebagai bahan penelitian.

  1. Termometer gas fungsinya untuk mengukur suatu suhu benda atau suhu ruangan -250 0C sampai dengan 1500 0C
  2. Termometer platina fungsinya untuk mengukur suhu ruangan. Kekurangan termometer platina adalah pembacaannya lambat sehingga tidak cocok untuk mengukur suhu ruangan yang tidak stabil.
  3. Termometer termistor fungsinya untuk -25 0C sampai dengan 180 0 Biasnya termistor ini dihubungkan dengan perangkat komputer.
  4. Termometer termokopel fungsinya untuk mengukur suhu -100 0C sampai dengan suhu 1500 0 Termometer ini kurang teliti jika dibandingkan dengan ketelitian termometer gas.
  5. Termometer bimetal fungsinya untuk mengukur suhu benda. Prinsip kerjanya adalah jika bimetal yang dipanaskan semakin melengkung maka diindikasikan suhunya tinggi.
  6. Pirometer fungsinya untuk mengukur suhu peleburan logam yang sangat tinggi. Prinsip kerja pirometer adalah tergantung dari warna yang ada pada lubang tungku dan berdasarkan perubahan suhu.

Baca keuntungan dan kerugian termometer air raksa

Demikianla penjelasan Pak Mono tentang jenis-jenis termometer dan fungsinya. Ternyata banyak juga jenis termometer. Saya sendiri belum pernah melihat secara langsung dari jenis-jenis termometer tersebut.

Jenis-jenis termometer dan fungsinya | Pak Mono | 4.5