Fungsi dan Cara Kerja Elektroskop Secara Singkat

Fungsi dan Cara Kerja Elektroskop Secara Singkat – Pengertian elektroskop adalah alat yang digunakan untuk menyelidiki adanya muatan dalam suatu benda. Prinsip kerjanya adalah peristiwa induksi muatan.

Bagian-bagian elektroskop
ada dua bagian elektroskop yaitu kepala elektroskop dan daun elektroskop.

bagian-bagian elektroskop

Cara kerja elektroskop secara singkat

  1. Dalam keadaan netral, suatu elektroskop memiliki jumlah muatan positif dan muatan negatif yang sama. Ketika netral, daun elektroskop akan menutup.
  2. Apabila elektroskop di dekati oleh benda bermuatan negatif, maka kepala elektroskop akan terinduksi. Pada bagian kepala akan menjadi terisi oleh kutup positif sedangkan pada daun berisi muatan negatif. Sehinga kedua daun elektroskop akan terbuka karena berisi muatan negatif yang saling tolak-menolak. Lebih jelasnya lihat gambar berikut :eletkroskop didekati benda bermuatan negatif
  3. Apabila elektroskop didekati oleh benda bermuatan positif, maka kepala elektroskop akan terinduksi. Bagian kepala elektroskop menjadi bermuatan negatif sedangkan bagian daun akan bermuatan positif. Bagian daun akan membuka karena keduanya menjadi kutub positif sehingga tolak-menolak. Selengkapnya perhatikan gambar berikut :

eletkroskop didekati benda bermuatan positif

Prinsip kerja elektroskop adalah induksi muatan. Induksi muatan jika muatan positif didekati dengan muatan negatif, maka akan tarik-menarik. Sedangkan muatan negatif berdekatan dengan muatan negatif akan terjadi gaya tolak-menolak. Sebaliknya juga jika muatan positf berdekatan dengan muatan posifit akan terjadi gaya tolak-menolak.

Berikut gambar elektroskop yang asli

gambar elektroskop yang asli

Elektroskop ini terbuat dari tabung kaca yang didalamnya hampa udara (ruang vakum). Terdapat lempeng logam yang bentuknya bulat yang dihubungkan dengan batang penghantar atau konduktor. Lempeng logam tersebut berfungsi sebagai kepala elektroskop. Bagian ujung atau sebagai daun elektroskop terdapat dua helai logam yang terbuat dari emas atau perak. Pada bagian mulut tabungnya terdapat isolator dari karet sebagai sekat batang konduktor/logam dengan tabung kaca.

Demikianlah pembahasan tentang fungsi dan cara kerja elektroskop secara singkat. Semoga bermanfaat.

Fungsi dan Cara Kerja Elektroskop Secara Singkat | Pak Mono | 4.5