Faktor-Faktor yang Mempengaruhi GGL Induksi Elektromagnetik

Pengertian induksi elektromagnetik adalah peristiwa terjadinya gaya gerak listrik induksi (GGL induksi) pada ujung-ujung kumparan karena terjadinya perubahan medan magnet. Induksi elektromagnetik ini pertama kali ditemukan oleh Michael Faraday (1791–1867).

Percobaan Faraday ini berawal dari percobaan Oersted yang menemukan bahwa disekitar kawat lurus berarus menghasilkan medan magnet. Kemudian Faraday berhasil menemukan medan magnet dapat menghasilkan arus listrik.

faktor yang mempengaruhi besarnya ggl pada generator

Percobaan Faraday

Percobaan Faraday adalah dengan cara menggerak-gerakan magnet batang ke dalam kumparan ternyata menghasilkan arus litrik. Sebelumnya kumparan atau lilitan dihubungkan dengan amperemeter atau galvanometer. Ketika batang magnet digerakan masuk atau keluar kumparan terjadi arus listrik yang ditandai dengan bergeraknya jarum galvanometer. Kemudian ketika magnet didiamkan di dalam kumparan tidak terjadi arus listrik, jarum galvanometer tidak bergerak. Hal ini disebabkan oleh terjadinya beda potensial yang disebut dengan gaya gerak listrik induksi (GGL Induksi).

Kesimpulan dari percobaan Faraday adalah timbulnya GGL dan arus listrik disebabkan oleh perubahan banyaknya medan magnet yang berada di sekitar penghantar tersebut. Arus listrik yang timbul dari peristiwa ini disebut dengan arus listrik induksi. Jumlah atau banyaknya medan magnet yang menembus penghantar disebut dengan perubahan fluks magnetik. Bisa dikatakan pula bahwa timbulnya GGL dan arus induksi disebabkan oleh perubahan fluks magnetic pada penghantar.

Cara Membuat Magnet Dengan Gosokan, Elektromagnetik, dan Induksi

Faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya GGL induksi elektromagnetik adalah

  1. Banyaknya jumlah lilitan. Semakin banyak lilitan maka semakin besar nilai GGL nya
  2. Besar kuat medan magnet/ kekuatan magnet. Semakin kuat magnet yang digunakan maka semakin besar pula nilai GGL dan arusnya
  3. Kecepatan gerak magnet yang keluar masuk kumparan. Hal ini menyebabkan sekamin cepat perubahan medan magnetnya sehingga GGL semakin besar.
  4. Lilitan terbuat dari bahan feromagnetik seperti besi dan baja.

Biasanya kalau di sekolah terdapat tiga faktor yang berpengaruh pada GGL Induksi. Semoga bermanfaat :)

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi GGL Induksi Elektromagnetik | Pak Mono | 4.5