Fakta Ilmiah, Sejarah, Dongeng dan Legenda Seputar Benda Langit: “Komet”

Fakta Ilmiah, Sejarah, Dongeng dan Legenda Seputar Benda Langit: “Komet”

(Dikutip dari: NASA, Space Science: Adventure Is Waiting/Hubble – Amazing Space)

Dalam membahas seputar benda langit unik satu ini pasti tidak akan lepas sama yang namanya mitos, legenda atau dongeng orang terdahuli bukan? Sebelum ilmu pengetahuan alam (Fisika terutama) berkembang, maka sudah banyak dongeng-dongeng yang menggambarkan benda langit unik satu ini yakni komet. Seperti apa ya kira-kira sejarah perkembangan penemuan benda langit komet mulai dari dongeng dan terkuak fakta ilmiahnya berdasarkan ilmu Fisika? Yuk, mari disimak!

The Hair ‘Out’ There (Hey,,, Rambut yang muncul di ‘sana’)

Kata “Komet (comet)” berasal dari bahasa Yunani yang berarti “rambut (hair).” Nenek moyang kita dulu berfikri bahwa komet adalah bintang yang penampakannya seperti rambut yang terurai ke belakang. (padahal komet bukanlah bintang ya sabahat fismath, nanti akan dijelaskan apa sih bintang/ stars itu).

Fakta Ilmiah, Sejarah, Dongeng dan Legenda Seputar Benda Langit: “Komet”

Selama berabd-abad, para ilmuwan ebrpendapat bahwa komet mengembara dalam atmosfer Bumi. Pada tahun 1577, seorang pengamat Danish astronomer Tycho Brahe menunjukkan bahwa komet sebenarnya mengembara jauh seperti Bulan. Sir Isaac Newton (1642,1727), ilmuwan Fisika Inggris besar pada saat itu, menemukan komet yang bergerak dalam orbit yang sangat lonjong (seperti telur) mengelilingi Matahari. Beliau juga berpendapatan bahwa komet adalah anggota dari sistem atta surya, seperti halnya planet, komet dapat kembali dan pergi lagi (mengalami revolusi). Dan beliau benar!

Pada awal tahun 1700, para ilmuwan mulai mengembangkan formula matematika yang dapat memprediksi orbit dari komet saat mengelilingi matahari. Pada waktu itu, kalkulator dan komputer jelas belum ada ya padahal! Sebagian besar astronom pada tahun 1500 dan awal 1600 berfikri bahwa komet datang sekali dan tak akan Nampak lagi.  Mereka percaya bahwa komet mendekat Matahari dalam lintasan garis lurus, dan kemudian hilang ke dalam luar angkasa dalam lintasan lurus.

Baca:

Penjelasan komet dalam sistem tata surya yang mudah dimengerti

Sejarah pembentukan tata surya

 

What Goes Around Comes Around

Orang-orang sudah tahu tentang komet, tidak seperti benda langit lainnya dalam sistem tata surya seperti orang dulu-dulu. Bahkan orang-orang Cina sudah merekam kedatangan komet Halley sebelum 240 Masehi. Edmund Halley dari Inggris mempelajari komet dan mengembangkan teori yang menegaskan pada tahun 1531, 1607 dan 1682 wsebuah objek etrlihat di langit dan sebenarnya merupakan objek yang sama. Beliaulah orang pertama yang sukses memprediksi kedatangan komet ebrikutnya pada tahun 1758, tetapi beliau meninggal 16 tahun sebelum komet tersebut kembali (yang sekarang dikenal sebagai Komet Halley). Komet Halley muncul kembali setiap 76 tahun, diprediksi muncul kembali nanti pada tahun  2061 (ditunggu saja ya!). mungkin kalian akan melihatnya saat kembali. Di bawah ini gambar komet Halley yang berhasil di abadikan:

Penjelasan Komet dalam tata surya yang mudah dimengerti
Komet Halley
Edmund Halley

Tabrakan?

Apakah benar komet yang membunuh para Dinosaurus? Enam puluh lima juta tahun yang lal, tujuh puluh persen spesies yang hidup di Bumi punah dalam waktu yang sangat singkat. Ini termasuk Dinosaurus terakhir. Satu kemungkinan adalah komet sekitar ukruan 10 kilometer menabrak Bumi. Para ilmuwan berpendapat akibat dari tabrakan maha dayat ini adalah pemindahan sejumlah besar debu dan batuan dalam udara. Ledakan yang terjadi karena hal tersebut mirip setara dengan ledakan batuan sebesar gunung Mount Everest, berkecepatan 10 kali lebih cepat dari peluru yang tercepat, yang akan terjadi jika menumbuk Bumi.

Fakta Ilmiah, Sejarah, Dongeng dan Legenda Seputar Benda Langit: “Komet”

Dongeng vs. Fakta Ilmiah tentang komet

Dongeng

Komet datang dari daerah di luar sistem tata surya.

Fakta Ilmiah

Komet merupakan bagian dari sistem tata surya. Para ilmuwan percaya komet berasal dari sabuk Kuiper (Kuiper Belt) atau awan oort (Oort Cloud). Komet yang terlihat setiap 100 tahun atau kurang berasal dari sabuk Kuiper dan komet yang terlihat setiap ribuan tahun datang dari awan oort.

Dongeng

Komet tersusun atas material yang sama dengan asteroid.

Fakta Ilmiah

Walaupun keduanya komet dan asteroid merupakan benda langit kecil yang mengorbit dalam tata surya, struktur keduanya berbeda ya. Asteroid sebagian besar tersusun atas batuan dan sedikit es, sedangkan komet sebgaian besar tersusun atas es dengan sedikit batuan (ingat, jangan sampai kebalik!).

Dongeng

Komet selalu memiliki ekor.

Fakta Ilmiah

Ingat, komet tak selalu memiliki ekor. Komet bisa berubah dan mengembangkan awan kabur yang dinamakan koma, dan satu atau dua ekor keitka dekatdengan matahari. Komet tidak memiliki koma/ ekor ketika jauh dari matahari.

Dongeng

Semua komet terlihat sama dan tidak berubah kenampakannya.

Fakta Ilmiah

Komet memiliki koma dan satu, dua atau tiga ekor ketika dekatdengan Matahari, dan tidak memiliki koma atau ekor ketika sangat jauh dengan Matahari. (koma adalah awan dari material gas di sekitar inti komet).

Dongeng

Pluto adalah objek terakhri dan paling jauh dalam sistem tata surya.

Fakta Ilmiah

Melewati orbit Pluto berupa kelompok ebnda bersifat es yang dikenal dengan sabuk Kuiper (Kuiper Belt). Komet dengan periode pendek berasal dari sana. Lebih jauh lagi masih ada lapisan yang terdiri benda-benda es, disebut awan oort (Oort Cloud), komet dengan periode panjang datang dari sana. Komet periode pendek mengunjungi sistem tata surya secara teratur, sedangkan komet periode panjang datang sekali (dikarenakan periode yang sangat panjang sekali).

Dongeng

Hanya ada ruang kosong diantara planet.

Fakta Ilmiah

Ada gas dan debu di antara ruang antar planet. Komet dimungkinkan sebagai penyumbang gas dan debu terbesar yang ditemukan dalam sistem tata surya.

Nah demikian itu adalah beberapa mitos dan fakta seputar komet ya. Setelah belajar tentang Science, tentu sekarang sudah mengerti dong!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *