Contoh Pengungkit atau Tuas Jenis 1 2 3 dalam Kehidupan Sehari-Hari

Tuas atau yang disebut dengan pengungkit merupakan salah satu bentuk pesawat sederhana. Pesawat sederhana bukanlah seperti pesawat terbang. Dalam ilmu fisika pesawat sederhana merupakan alat yang memudahkan kerja atau usaha manusia dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai contoh ketika kalian ingin mecabut paku yang ada di kayu atau yang berada di tembok. Kalau kita menggunakan tangan untuk mencabut paku di kayu tentu sangat susah. Bahkan kita tidak bisa mencabutnya.

Agar kita lebih mudah mencabut paku yang ada di kayu kita menggunakan linggis. Sudah tahu linggis apa belum? Kalau tidak menggunakan linggis kita bisa menggunakan palu untuk mencabutnya. Dengan alat linggis atau pali maka kita akan mudah mencabut paku tersebut dari kayu. Untuk lebih jelasnya bisa melihat pada gambar di atas.

Baca juga Pesawat sederhana bidang miring

Jenis-jenis tuas dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari

Tuas atau pengungkit merupakan jenis pesawat sederhana yang terdiri dari titik tumpu, kuasa, dan beban. Tuas dibagi menjadi tiga macam, selengkapnya berikut ini:

  1. Tuas jenis pertama

pesawat sederhana pengungkit jenis 1

Coba perhatikan gambar di atas. Ada seorang anak yang sedangn mencongkel batu dengan menggunakan sebatang kayu. Anak tersebut akan lebih mudah untuk menggeser batu dengan kayu dibandingkan dengan menggeser batu dengan menggunakan tangan.

contoh tuas jenis pertama dalam kehidupan sehari hari

Tuas jenis pertama memiliki ciri-ciri titik tumpu berada di tengah. Misalnya titik tumpu berada di antara beban dan kuasa atau titik tumpu berada di antara kuasa dan beban. Untuk lebih jelasnya lihat pada gambar.

contoh pengungkit jenis pertama

Contoh tuas atau pengungkit jenis pertama adalah gunting, linggis, palu pencabut paku, tang, dan mainan jungkat-jungkit

Cara kerjanya tuas jenis pertama. Pada batu yang dihubungkan dengan beban disebut sebagai beban. Panjang kayu dari titik tumpu sampai dengan beban disebut sebagai lengan beban. Panjang kayu dari titik tumpu sampai ke tangan disebut sebagai lengan kuasa.

  1. Tuas jenis kedua

contoh-pengungkit-jenis-pertama-kedua-dan-ketiga

Pada tuas atau pengungkit jenis kedua ciri-cirinya adalah yang berada ditengah itu BEBAN. Jadi beban terletak di antara titik tumpu dan kuasa atau beban terletak di antara kuasa dan titik tumpu.

Contoh tuas jenis kedua dalam kehidupan sehari-hari adalah gerobak dorong, alat pembuka tutup botol minuman, alat pemecah kemiri, alat pengambil gorengan.

Coba kita mengamati pada contoh gerobak dorong. Yang berperan sebagai titik tumpu adalah rodanya. Sebagai beban adalah pasir yang ada di atas gerobak dorong. Sebagai kuasa adalah tangan pegangan untuk tangan saat anak mendorong gerobak.

  1. Tuas jenis ketiga

contoh tuas jenis ketiga

Pada tuas atau pengungkit jenis ketiga ciri-cirinya adalah yang berada di tengah adalah KUASA. Jadi kuasa terletak di antara titik tumpu dan kuasa.

Contoh tuas jenis ketiga adalah orang yang sedang mengangkat barbel, orang yang sedang menyapu, orang yang sedang memancing, orang yang sedang menggunakan sekop, orang yang sedang mencangkul. Untuk lebih memahami materi tuas, yuk baca contoh soal latihan pesawat sederhana.

Contoh Pengungkit atau Tuas Jenis 1 2 3 dalam Kehidupan Sehari-Hari | Pak Mono | 4.5