Contoh Pembiasan Cahaya dan Penyebab Terjadinya

Pengertian pembiasan cahaya adalah peristiwa pembelokan cahaya karena cahaya tersebut melewati dua medium yang kerapatan optiknya berbeda. Jadi penyebab terjadinya pembiasan cahaya adalah cahaya melewati dua medium yang memiliki kerapatan optik yang berbeda. Contoh pembiasan cahaya yang mudah kita temukan dalam kehidupan sehari-hari adalah pensil terlihat patah ketika dimasukan dalam gelas yang berisi air. Sebenarnya mata kita bisa melihat karena ada cahaya di sekitar kita.
Kita melihat bagian atas pensil yang tidak terendam air dan bagian pensil yang terendam di air akan terlihat patah atau tidak menyambung. Jadi medium yang dilewati pensil adalah udara dengan air. Udara memiliki indeks bias 1 sedangkan air memiliki indeks bias 1,3 (indeks bias air lebih dari satu, tergantung tingkat kekeruhan air tersebut).

Penyebab terjadinya pembiasan :

1. Terjadi ketika sinar datang dari medium kurang rapat menuju medium yang lebih rapat sehingga sinar datang akan dibiaskan mendekati garis normal
2. Ketika sinar datang dari medium lebih rapat menuju medium yang kurang rapat maka sinar datang akan dibiaskan menjauhi garis normal.

Contoh pembiasan cahaya dalam kehidupan sehari-hari:

1. Pensil yang berada di gelas yang berisi air tampak patah atau bengkok

contoh pembiasan cahaya dalam kehidupan sehari-hari
Pada peristiwa ini, cahaya datang dari udara (medium kurang rapat) menuju ke air (medium yang lebih rapat) sehingga sinar datang akan dibelokan mendekati garis normal. Pada keadaan ini kita melihat tampak gelas terlihat patah.
2. Kolam air yang dalam terlihat dangkal

contoh pembiasan cahaya pada kehidupan sehari-hari
Ketika kita melihat kolam renang yang dalamnya 2 meter atau 3 meter akan terlihat dangkal. Penyebabnya adalah peristiwa pembiasan. Prosesnya sama dengan peristiwa pensil yang patah pada gelas yang diisi air. Sinar datang dari udara (medium kurang rapat) menuju ke air (medium lebih rapat) akan dibiaskan mendekati garis normal.

contoh pembiasan cahaya sehari-hari
3. Terjadinya pelangi karena pembiasan dan penguraian cahaya

Kita bisa melihat adanya pelangi yang sangat indah berwarna-warni di angkasa. Ternyata peristiwa tersebut termasuk ke dalam fenomena fisika. Terjadinya pelangi karena ada peristiwa pembiasan cahaya dan penguraian cahaya. Pada saat cahaya matahari mengenai titik-titik air, maka cahaya tersebut akan dibelokan dari udara masuk ke dalam air. Cahaya (sinar datang) akan dibiaskan mendekati garis normal. Setelah dibiaskan cahaya matahari akan keluar dari titik air dan terjadilah penguraian cahaya menjadi warna MEJIKUHIBINIU (merah, jingga, kuning, ungu, dan seterusnya).

Pembiasan Cahaya Pada Lensa Cembung

4. Bintang di langit terlihat lebih dekat dari sebenarnya

penyebab terjadinya pembiasan cahaya
Pada saat kita melihat bintang di langit, sebenarnya penglihatan kita tidak lurus dengan letak bintangnya. Hal ini karena terjadi pembiasan cahaya. Sinar datang dari langit (medium kurang rapat) menuju ke atmosfir bumi yang mediumnya lebih rapat akan dibiaskan mendekati garis normal.
Demikianlah ada 4 contoh pembiasan cahaya dalam kehidupan sehari-hari beserta penyebabnya. Sunggu luar biasa sekali atas ciptaan Tuhan yang Maha Esa yang bisa kita lihat.

Contoh Pembiasan Cahaya dan Penyebab Terjadinya | Pak Mono | 4.5