Contoh Hukum I Newton

Sebelum Pak Mono memberikan contoh hukum 1 newton, kita pelajari dahulu apa bunyi hukum 1 newton
Bunyi Hukum I Newton adalah sebagai berikut :

Jika resultan gaya yang bekerja pada suatu benda sama dengan nol (tidak ada gaya yang bekerja pada benda), maka benda yang diam akan tetap diam dan benda yang bergerak akan bergerak lurus dengan kecepatan konstan.

contoh hukum newton 1 beserta gambarnya

mengerem sepeda motor secara mendadak

Hukum I Newton dirumuskan :
Σ F = 0
Pada dasarnya semua benda yang memiliki massa mengalami inersia atau mempertahankan kedudukannya dalam bahasa lainnya “malas bergerak”.
Dari sinilah hukum I Newton disebut juga inersia atau hukum kelembaman.
Bapak ahli fisika yang bernama Sir Isaac Newton inilah yang pertama kali mencetuskan hukum tersebut. Beliau lahir di Woolsshrope, Inggris pada tahun 1643. Beliau merupakan seorang ilmuwan yang terpopuler sepanjang abad yang karena dari hukum Newton inilah semua persamaan fisika berasal.

Contoh Hukum III Newton

Contoh Hukum I Newton

1. Pada saat kita naik bis kemudian tiba-tiba bis yang kita naiki mendadak bergerak cepat maka tubuh kita akan terdorong ke belakang
2. Sebaliknya pada saat bis yang kita naiki mendadak mengeram maka tubuh kita akan terdorong ke depan. Hal ini disebabkan karena tubuh kita cenderung mempertahankan kedudukannya (inersia).
3. Di atas meja terdapat taplak meja dan di atasnya terdapat vas bunga. Secara tiba-tiba taplak meja ditarik dengan kencang. Vas bunga tetap berdiri pada posisi semula. Hal ini dikarenkan vas bunga tersebut mempertahankan kedudukannya (inersia).
4. Jika bola bowling di lemparkan pada lantai yang sangat licin, maka bola bowling tersebut tidak akan berhenti karena kecepatan bola bowling tersebut bernilai konstan.
5. Ketika naik sepeda motor, kemudian motor digas kencang maka tubuh akan terdorong ke belakang
6. Pada saat sepeda motor direm mendadak, maka tubuh akan terdorong ke depan.

7. Ketika terjadi kecelakaan sebuah mobil menabrak tembok, maka sopir mobil tersebut akan jatuh terpelanting keluar.

Contoh Hukum I Newton | Pak Mono | 4.5