Cara Membuat Magnet dengan Induksi, Gosokan, dan Elektromagnetik

Pada artikel ini Pak Mono akan membahas tentang tiga cara membuat magnet yakni dengan cara menggosokan magnet, induksi, dan elektromagnetik. Namun sebelumnya kita belajar tentang apa itu magnet. Pengertian magnet adalah benda yang dapat menarik benda lain seperti logam.

Magnet memiliki medan magnet. Apa itu medan magnet? Medan magnet adalah daerah yang masih dipengaruhi oleh gaya tarik magnet. Misalnya kita meletakan peniti atau jarum pentul di dekat magnet. Maka jarum pentul tersebut akan tertarik oleh magnet. Jadi beberapa centimeter dari jarak magnet tersebut masih memiliki medan magnet. Magnet yang besar memiliki medan magnet yang besar pula. Sebaliknya medan magnet yang kecil memiliki medan magnet yang kecil juga.

  1. Cara membuat magnet dengan cara gosokan

cara membuat magnet dengan gosokkan yang benar

Pada cara ini adalah kita menggosokkan magnet pada sebuah logam dengan cara searah saja. Misalnya kita menggosokan magnet yang arahnya utara kita gosokan pada daerah A sampai dengan B secara SEARAH dan TIDAK BOLAK-BALIK. SEARAH TAPI BERKALI-KALI. Misalnya pada gambar di atas logam A-B digosok dengan magnet yang ujungnya arah Utara. Hasilnya adalah A menjadi kutub Utara dan B menjadi kutub selatan

Prinsipnya : Kutub yang pertama kali menyentuh logam akan sejenis. Logam besi bersifat sementara dan logam baja bersifat permanen atau tetap.

Misalnya lagi ada sebuah batang logam besi yang ujungnya adalah X dan Y. Kemudian digosokan ujung magnet kutub Selatan secara searah dan kontinyu mulai dari ujung X. Maka ujung logam besi X menjadi kutub Selatan dan ujung logam Y menjadi kutub Utara.

  1. Membuat magnet dengan cara induksi

cara membuat magnet dengan induksi yang benar

Cara membuat magnet dengan induksi adalah dengan mendekatkan sebuah magnet dengan logam maka logam tersebut lama-kelamaan akan menjadi magnet. Sebuah logam didekatkan dengan magnet dan terdapat jarak yang pendek. Untuk menghasilkan magnet membutuhkan waktu yang cukup lama karena mendekatkan.

Gambar di atas sebuah magnet kutub U = utara dan S = selatan didekatkan dengan logam besi yang ujungnya B dan A. Maka ujung besi B menjadi kutub Utara dan ujung besi A menjadi kutub Selatan.

Prinsipnya : Kutub magnet yang didekatkan dengan ujung logam menghasilkan kutub yang berlawanan dengan kutub magnet. Logam besi bersifat sementara dan logam baja bersifat permanen atau tetap.

Perhatikan gambar berikut ini!

cara membuat magnet dengan cara induksi

  1. Membuat magnet dengan cara elektromagnetik atau mengaliri arus listrik

Cara pemuatan magnet dengan elektromagnetik adalah jika sebatang logam dililiti dengan kawat listrik. Kemudian kawat listrik tersebut dihubungkan dengan listrik atau diberi arus listrik. Untuk menentukan arah kutub utara dan kutub selatannya. Kita menggunakan kaidah tangan kanan (keempat jadi dan ibu jari). Yakni keempat jari tangan kanan menunjukkan arah arus yang mengalir. Arah arus yang mengalir adalah berasal dari kutub positif baterai. Kemudian ibu jari sebagai arah kutub Utara. Kalau sudah ketemu kutub Utara maka kutub yang satunya adalah kutub Selatan. Untuk lebih mudahnya perhatikan gambar berikut ini.

cara membuat magnet dengan elektromagnetik

Pada gambar di atas, arus mengalir dari kutub positif baterai yang ditandai dengan garis | panjang. Keempat jari sebagai arah arus dan ikuti lilitan tersebut. Sedangkan ibu jari menunjukkan kutub utara magnet. Hasilnya ujung B menjadi kutub Utara dan ujung A menjadi kutub selatan

Perhatikan lagi contoh berikut ini!

cara membuat magnet dengan elektromagnetik yang benar

Arah ibu jadi menunjukkan arah utara dan keempat ibu jari menunjukkan arah arus yang dimulai dari kutub positif baterai. jadi keempat ibu jari tersebut mengikuti arah lilitan kawat.

Cara Membuat Magnet dengan Induksi, Gosokan, dan Elektromagnetik | Pak Mono | 4.5