Cara memberi muatan listrik pada benda

Cara membuat benda bermuatan ada tiga macam yaitu dengan cara di gosokkan, dengan cara induksi, dan dengan cara di konuksi. Pak Mono akan bahasa satu persatu secara ringkas tapi padat.

Benda bermuatan listrik terdapat tiga macam, yaitu benda netral, benda bermuatan positif, dan benda bermuatan negatif.

  1. Benda bermuatan netral

Yang disebut sebagai benda bermuatan netral adalah benda yang muatan positif dan muatan negatifnya seimbang. Misalnya muatan positifnya ada 6 dan muatan negatifnya juga ada 6.

  1. benda bermuatan positif

Yang disebut dengan benda bermuatan negatif adalah benda yang kekurangan elektron. Jadi muatan positifnya lebih banyak dibandingkan dengan muatan elektronnya. Misalnya dalam suatu benda terdapat 10 muatan positif dan 6 muatan negatif.

  1. Benda bermuatan negatif

Yang disebut dengan benda bermuatan negatif adalah benda yang kelebihan elektron. Jadi benda tersebut memiliki jumlah elektron yang lebih banyak dibandingkan dengan jumlah protonnya.

Cara membuat benda menjadi bermuatan

  1. Digosok

Contoh yang familier adalah penggaris plastik digosokkan dengan rambut yang kering. Penggaris plastik tersebut akan bermuatan negatif karena elektron dari rambut akan pindah ke penggaris.

penggaris plastik digosokkan dengan kain wol

Plastik atau penggaris plastik digosokkan dengan kain woll akan bermuatan negatif karena elektron dari woll pindah ke plastik.

Ebonit digosokkan dengan kain woll akan bermuatan negatif karena elektron dari woll pindah ke ebonit.

Kaca digosokkan dengan kain woll akan menjadi bermuatan negatif karena elektron dari kain woll pindah ke kaca.

Kaca digosokkan dengan sutra akan bermuatan positif karena elektron dari kaca akan berpindah ke kain sutra.

Sisir digosokkan dengan rambut. Sisir akan bermuatan negatif karena elektron pada rambut pindah ke sisir.

*perlu diingat : khusus untuk kaca + kain sutra, kaca akan bermuatan positif.

 

  1. Induksi

Proses induksi adalah pemisahan muatan yang tadinya tersebar merata pada suatu benda menjadi teratur antara muatan positif dan muatan negatifnya.

Contohnya adalah muatan netral didekati dengan muatan positif, maka ujung benda dari benda netral tersebut akan berisi muatan negatif saja.

 

  1. Konduksi

Proses konduksi adalah muatan negatif akan berpindah kepada dari benda satu ke benda yang lainya. Misalnya adalah mutan negatif didekatkan kepada benda yang bermuatan positif, maka elektron pada benda bermuatan negatif akan berpindah menuju benda muatan positif sampai muatannya seimbang atau netral.

Cara memberi muatan listrik pada benda | Pak Mono | 4.5