Cara Membaca Skala pada Mikrometer Sekrup yang Benar

Penjelasan ini terkait materi pengukuran yaitu cara menggunakan mikrometer sekrup dan cara membaca skala hasil pengukuran pada mikrometer sekrup. Materi ini ada di SMP maupun di SMA masing-masing di semester ganjil dan selalu keluar di Ujian Nasional dari jaman saya sekolah sampai saat ini saya menjadi guru.

Sebelumnya pak guru sudah menjelaskan cara menggunakan jangka sorong.

Fungsi mikrometer sekrup adalah untuk mengukur ketebalan suatu benda yang tipis dan membutuhkan ketelitian. Contohnya ketika kalian mengukur ketebalan suatu kertas. Kalau di pabrik kertas, ada bagian mekanik mesin pembuat kertas yang selalu mengecek agar ketebalan kertas tetap sama. Cara mengukurnya dengan mikrometer sekrup.

Bagian-bagian mikrometer sekrup adalah poros tetap, poros geser, pengunci, pemutar, skala utama, dan skala nonius. Skala terkecil dari mikrometer sekrup adalah 0,01 mm. Jadi lebih teliti mikrometer sekrup daripada jangka sorong.

Cara menggunakan mikrometer sekrup adalah :

  1. Kita pastikan pengunci dalam keadaan terbuka
  2. Kita buka rahang dengan cara memutar ke arah kiri pada bagian skala putar hingga benda bisa dimasukkan ke rahang.
  3. Kita letakan benda pada bagian rahang kemudian kita putar ke kanan sampai tepat dan berbunyi “krek”
  4. Setelah tidak bisa diputar lagi, berarti mikrometer sekrup sudah bisa dikunci. Dan sekarang kita kunci.

Bagian skala pada mikrometer sekrup:

  1. Skala utama terdiri dari angka 1,2,3, dan seterusnya. Memiliki satuan mm. Nilai tengah dari skala utama adalah 0,5 mm.
  2. Skala putar atau skala nonius terdiri dari angka 1 sampai dengan 50. Tiap skalanya memiliki nilai 0,01 mm.

Kemudian setiap mundur satu putaran maka skala utamanya bertambah 0,5 mm.

cara membaca skala mikrometer sekrup

Pada gambar diatas terlihat bahwa skala utama terletak pada angka 5 mm. Kemudian skala nonius atau skala putarnya terletak pada angka 0,30 mm. Jadi cara membacanya adalah 5 mm + 0,30 mm = 5,30 mm.

cara membaca skala pada mikrometer sekrup 2

Pada gambar di atas terlihat skala utama di atas 3,5 mm. Kemudian skala noniusnya pada angka 0,20 mm. Jadi membacanya adalah 3,5 mm + 0,20 mm = 3,70 mm.

Cara membaca skala pada mikrometer sekrup

Perhatikan gambar di bawah ini!

cara-membaca-skala-mikrometer-sekrup

Perhatikan dahulu pada skala utama, disana terlihat angka 8. Artinya 8 mm. Kemudian kamu perhatikan pada angka skala putar atau skala noniusnya, terlihat angka 38. Karena skala nonius itu nilainya 0,01 maka hasil skala noniusnya 0,38. Jadi cara membaca hasil pengukuran mikrometer sekrup di atas adalah 8 mm + 0,38 mm = 8,38 mm.

Contoh soal berikutnya! Perhatikan gambar di bawah ini!

cara menggunakan mikrometer sekrup

Disana terlihat skala utama menunjukkan angka 3,5, artinya 3,5 mm. kemudian skala noniusnya pada angka 33, artinya 0,33 mm. jadi hasil pengukuran pada mikrometer sekrup itu adalah 3,5 mm + 0,33 mm = 3,83 mm.

Cara Membaca Skala pada Mikrometer Sekrup yang Benar | Pak Mono | 4.5