Bagian-bagian matahari dan penjelasannya

Matahari merupakan pusat tata surya kita. Bumi kita selama 365 hari mengelilingi matahari satu putaran penuh. Di dalam galaksi kita yaitu galaksi Bima Sakti, mataharilah bintang yang paling terang, yang memberikan kehidupan di bumi. Tanpa matahari kita tidak bisa bertahan hidup. Kalau tidak ada matahari ya tidak ada oksigen. Karena tumbuhan memproses gas karbondioksida menjadi gas oksigen dengan bantuan cahaya matahari pada proses fotosintesis.

bagian-bagian matahari dan fungsinya

Tahu gak dek, berapa sih jarak bumi kita terhadap matahari? Dari perkiraan para ahli astronomi, jarak bumi ke matahari adalah 150 juta km. Woowww sangat jauh kan? Panjang pulau Jawa saja kurang lebih 1000 km. Diameter matahari kurang lebih 1.380.000 km. Kalau kita bandingkan dengan ukuran bumi kita, diameter matahari itu 109 kali diameter bumi. Kalau massa matahari itu sekitar 340.000 kali massa bumi. Sangat besar sekali bukan?

Bagian-bagian matahari :

  1. Inti matahari (core) suhunya sekitar 14 juta Kelvin. Sangat panas, jadi semua jenis logam akan melebur dan hilang. Di dalam matahari terdapat reaksi nuklir yang energinya sangat luar biasa.
  2. Fotosfer sukunya 6000 Kelvin dan ketebalannya sekitar 300 km. Bagian fotosfer ini merupakan bagian yang bisa kita lihat dari bumi. Istilah yang lebih mudahnya itu permukaannya.
  3. Kromosfer ; pada bagian astmosefer matahari ini suhunya 4500 Kelvin dan tebalnya 2000 km.
  4. Korona ; atmosfer matahari yang paling,uar yang suhunya sekitar 1 juta Kelvin dan tebalnya 700.000 km.

Baca juga pengertian planet dalam dan planet luar

Daerah antara inti dan fotosfer terjadi perpindahan energi secara konveksi dan radiasi. Pada permukaan matahari terdapat aktivitas lain seperti bintik hitam (sunspot), letupan cahaya (flare), ledakan yang mendadak dan segera hilang (protuberans), dan prominensa (gas yang terkondensasi di atmosfer matahari kemudian jatuh lagi ke permukaan matahari). Demikianlah penjelasan tentang bagian-bagian matahari dan penjelasannya.

Bagian-bagian matahari dan penjelasannya | Pak Mono | 4.5