Bagian-bagian mata dan fungsinya

Bagian-bagian mata dan fungsinya – Mata merupakan alat optik yang super canggih yang Tuhan anugerahkan kepada kita. Tanpa mata kita tidak bisa melihat. Bayangan yang terbentuk pada mata manusia adalah nyata, terbalik, dan diperkecil. Mata terdiri dari beberapa bagian yang masing-masing bagian mempunyai fungsi. Bagian-bagian mata tersebut adalah iris, pupil, kornea, aquaerus humor, lensa mata, otot akomodasi, vitreous humor, retina, saraf mata, bintik buta, dan bintik kuning.

  1. Kornea merupakan bagian luar mata yang lunak, transparan, dan tipis. Kornea berfungsi sebagai menerima dan meneruskan cahaya yang masuk ke dalam mata. Selain itu, kornea juga berfungsi melindungi bagian mata yang berada di bawah kornea.
  2. Iris adalah selaput berwarna coklat, biru, dan hitam. Iris berfungsi sebagai pengatur besar dan kecilnya pupil mata. Iris juga memberikan warna mata pada seseorang. Orang indonesia memiliki warna iris yang coklat.
  3. Pupil merupakan celah sempit yang bentuknya lingkara. Pupil berfungsi sebagai tempat masuknya cahaya yang masuk ke dalam mata kita.
  4. Aquaerus humor adalah cairan yang ada di depan lensa mata. Fungsi aquaerus humor adalah membiaskan cahaya yang masuk pada mata.
  5. Otot akomodasi merupakan otot yang letaknya menempel pada lensa mata. Otot akaomodasi berfungsi sebagai pengatur tipis dan tebalnya lensa mata.
  6. Lensa mata bentuknya cembung, bening, elastis, dan berserat. Lensa mata berfungsi sebagai pembias cahaya dari benda yang kita lihat agar bayangan jatuh pada retina.
  7. Retina letaknya dibelakang mata. Retina berfungsi sebagai tempat terbentuknya bayangan pada mata.
  8. Vitreous humor merupakan caira yang ada di dalam bola mata. Fungsi dari vitreous humor adalah meneruskan cahaya yang datang dari lensa menuju retina.
  9. Bintik kuning merupakan bagian dari retina yang fungsinya adalah tempat terbentuknya bayangan yang paling jelas.
  10. Bintik buta merupakan bagian retina yang apabila bayangan benda jatuh pada bintik buta maka bayangan akan tidak jelas atau kabur.
  11. Fungsi saraf mata adalah meneruskan bayangan dari retina ke otak. Jadi apa yang terjadi pada retina akan ditransformasikan pada otak. Jika kita melihat benda yang mengerikan kita akan kaget. Kalau melihat benda yang sangat indah kita akan teras kagum.

Proses Mata Melihat Benda

Berikut ini proses mata kita yang bisa melihat benda:

  1. Benda yang ada dihadapan kita mengeluarkan cahaya (sumber cahaya) atau memantulkan cahaya ke mata kita (bukan sumber cahaya).
  2. Cahaya dari benda tersebut akan masuk ke mata kita melewati pupil mata. Cahaya dari pupil kemudian dibiaskan oleh lensa maka akan terbentuk bayangan benda pada retina. Oleh saraf mata bayangan tadi akan diteruskan ke otak (pusat saraf).

Baca juga hukum pemantulan cahaya

Demikianlah penjelasan mengenai bagian-bagian mata dan fungsinya serta proses mata kita bisa melihat benda. Mari kita bersukur kepada Allah yang telah memberikan kenikmatan mata kita sehingga bisa melihat. Ada beberapa saudara kita yang mengalami kebutaan sehing tidak bisa melihat indahnya dunia ini. Jangan lupa rajin belajar dan beribadah yah!

Bagian-bagian mata dan fungsinya | Pak Mono | 4.5